Penerapan Model Guided Inquiry Learning Berbantuan Website Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pelacakan Dokumen pada PT. Pupuk Kujang Cikampek

Authors

  • Danny Ong Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Vera Agustina Yanti Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Devy Sofyanty Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia
  • Suwantica Kusumandari Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i10.32463

Keywords:

Sistem Informasi, Pelacakan Dokumen, Manajemen Dokumen, PT. Pupuk Kujang Cikampek, Teknologi Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem informasi pelacakan dokumen di PT. Pupuk Kujang Cikampek. Saat ini, perusahaan tersebut menghadapi tantangan dalam mengelola dokumen secara efisien karena sistem manual yang digunakan, yang rentan terhadap kesalahan, keterlambatan, dan sulitnya menemukan dokumen yang diperlukan. Dengan begitu penulis ingin merancang sebuah aplikasi yang berbasis website pelacakan dokumen secara online sehingga datayang diterima lebih akurat. Metode yang dipakai dalam merancang aplikasi berbasis website ini menggunakan metode pengembangan sistem model prototyping. Sistem informasi yang dirancang diharapkan dapat mengatasi permasalahan ini dengan menyediakan solusi yang lebih baik dalam manajemen dokumen, mulai dari proses pengarsipan, pencarian, hingga pengelolaan dokumen secara keseluruhan. Dengan sistem ini, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, serta meningkatkan layanan kepada pelanggan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi ilmiah dalam pengembangan teknologi informasi terkait manajemen dokumen yang dapat diaplikasikan pada berbagai industri.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Ong, D. ., Agustina Yanti, V., Sofyanty, D. ., & Suwantica Kusumandari. (2025). Penerapan Model Guided Inquiry Learning Berbantuan Website Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pelacakan Dokumen pada PT. Pupuk Kujang Cikampek. Jurnal Sosial Teknologi, 5(10), 4009–4025. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i10.32463