Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Non PNS dengan Customer Satisfaction Index Framework

Authors

  • Zainal Fahmi STMIK Borneo Internasional
  • Dila Seltika Canta STMIK Borneo Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.325

Keywords:

Teknologi Informasi, Aplikasi E-Non PNS, Customer Satisfaction Index

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam beberapa aspek pengelola informasi dalam setiap organisasi atau instansi dapat memberikan manfaat efisiensi yang ditunjukkan dengan pengelolaan informasi dengan cepat, ketepatan waktu dan ketelitian kebenaran informasi data yang dihasilkan. Dalam menunjang suksesnya program pelayanan maka harus didukung pula dengan sumber daya manusia yang memadai, maka dalam rangka untuk menyukseskan layanan diperlukan pemerataan pegawai. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Penajam Paser Utara mencoba memberikan solusi berupa aplikasi. E-Non PNS adalah sistem yang berbasis komputer yang digunakan sebagai sarana pendukung administrasi kepegawaian dalam lingkungan instansi pemerintah daerah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 104 kuesioner dilakukan dengan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna secara menyeluruh dari hasil perhitungan Customer Satisfaction Index dengan nilai sebesar 73,27 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna telah merasa “puas” ditunjukkan sektor yang berada di rentang 61% - 80%. Atas dasar penelitian yang telah dilakukan bahwa sistem aplikasi E-Non PNS di lingkungan Kecamatan Waru yang telah digunakan dalam manajemen kepegawaian yang telah diusulkan oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Penajam Paser Utara sudah berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Fahmi, Z., & Canta, D. S. . (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Non PNS dengan Customer Satisfaction Index Framework . Jurnal Sosial Teknologi, 2(4), 352–360. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.325