Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Assesment Search pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.345Keywords:
kerjasama siswa, Hasil Belajar, model pembelajaran aktif tipe Assessment SearchAbstract
Latar belakang untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar, peneliti merancang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Assessment Search. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkankerjasama dan hasil belajar IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui model pembelajaran aktif tipe Assessment Search. Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 (dua) siklus dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi. Hasil penelitian adalah: 1) Melalui model pembelajaran aktif tipe Assessment Search dapat meningkatkan kerjasama siswa dari kondisi awal indikator saling membantu 58%, berbagi tugas 51%, menghargai kontribusi 67%, dan bertanggung jawab 57% ke kondisi 2) Melalui model pembelajaran aktif tipe Assessment Search dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dari kondisi awal nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan 53.1% ke kondisi siklus I nilai rata-rata 71 dengan ketuntasan 71.9%. Meningkat lagi ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 78 dengan ketuntasan 93.8% pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Disimpulkan, melalui model pembelajaran aktif tipe Assessment Search dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anna Martiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.