Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Quatum Teaching dan Learning SMP11 Sijunjung

Authors

  • Tugiah Tugiah Manajemen Pendidikan Islam IAIN Batusangkar, Indonesia
  • Asmendri Asmendri IAIN Batusangkar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.367

Keywords:

Tujuan Pembelajaraan, Metode Quantum Teaching Dan Learning, Menarik, Minat

Abstract

Pendidik sangat berperan penting dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkandalam kegiatan proses belajar mengajar. Sementara peserta didik berperan sebagai subjek sekaligus obyek dalam menerapkan metode pembelajaran kontekstual quantum teaching dan learning ini.sehingga berbagai macam cara bisa dilakukan guru untuk dapat menyampaikan informasi terhadap siswa. Baik berupa pembelajaran yang terkait dengan bahan ajar ataupun yang bersifat wawasan secara global. Metode pembelajaran kontekstual bukan hanya sekedar proses transfer ilmu dari guru ke siswa, melainkan siswa dapat melakukan, mencoba dan merenkonstruksi sendiri materi ajar yang didapat dari guru dan dikorelasikan dalam kehidupan nyata peserta didik, dengan harapan mereka dapat memecahkan berbagai macam persoalan baik dalam dirinya, keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu pendidikan dan pengajaran yang di lakukan haruslah menarik peserta didik sehingga terjadi keseimbangan antara ranah kognitif, efektif, dan psikomotorik. maka seorang pendidik haruslah dapat mengatur dan menyusun pelajaran menjadi semenarik mungkin, dengan metode dan media pembelajaran yang digunakan sekolah dirasakan masih sangat kurang menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik untuk dapat mempelajari serta menerima isi materi pembelajaran. Penulis merumuskan masalah bagaimana realitas penerapan metode quantum teaching dan learning pada sisiwa SMP 11 siunjung. Penulis berharap dengan judul Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Quatum Teaching dan Learning Di SMP 11sijunjung diarapkan dapat memicu minat belajar siswa terhadap pelajaraan PAI.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Tugiah, T., & Asmendri, A. (2022). Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Quatum Teaching dan Learning SMP11 Sijunjung. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 596–605. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.367