Pemulihan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Digitalisasi Markeing Pada Sektor UMKM
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.378Keywords:
Pemulihan Ekonomi, Digitalisasi Marketing, Pandemi Covid-19Abstract
Kajian ini merupakan studi literatur tentang pemulihan ekonomi negara di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis digitalisasi pemasaran UMKM untuk menghidupkan kembali perekonomian Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh melalui studi pustaka adalah sumber yang tersedia secara online dan offline, seperti jurnal ilmiah, buku, dan berita dari sumber terpercaya. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa pemasaran digital, sarana promosi UMKM secara digital melalui platform online seperti Instagram dan Google Maps, diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat yang belum mengetahui keberadaan UMKM. Digital marketing yang diterapkan pada UMKM merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan omzet penjualan. Menjaga kualitas dan meningkatkan teknik pemasaran digital dengan menggunakan media sosial selain Instagram untuk mengembangkan postingan yang menarik pembeli dan memperluas penargetan. Alhasil, perekonomian Indonesia pulih kembali berkat sektor UMKM yang selamat dari pandemi Covid-19.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gatot Wijayanto, Jushermi Jushermi, Restu Restu, Arwinence Pramadewi, Rovanita Rama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.