Pemulihan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Digitalisasi Markeing Pada Sektor UMKM

Authors

  • Gatot Wijayanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau, Indonesia
  • Jushermi Jushermi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau, Indonesia
  • Restu Restu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau, Indonesia
  • Arwinence Pramadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau, Indonesia
  • Rovanita Rama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.378

Keywords:

Pemulihan Ekonomi, Digitalisasi Marketing, Pandemi Covid-19

Abstract

Kajian ini merupakan studi literatur tentang pemulihan ekonomi negara di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis digitalisasi pemasaran UMKM untuk menghidupkan kembali perekonomian Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh melalui studi pustaka adalah sumber yang tersedia secara online dan offline, seperti jurnal ilmiah, buku, dan berita dari sumber terpercaya. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa pemasaran digital, sarana promosi UMKM secara digital melalui platform online seperti Instagram dan Google Maps, diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat yang belum mengetahui keberadaan UMKM. Digital marketing yang diterapkan pada UMKM merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan omzet penjualan. Menjaga kualitas dan meningkatkan teknik pemasaran digital dengan menggunakan media sosial selain Instagram untuk mengembangkan postingan yang menarik pembeli dan memperluas penargetan. Alhasil, perekonomian Indonesia pulih kembali berkat sektor UMKM yang selamat dari pandemi Covid-19.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Wijayanto, G., Jushermi, J., Restu, R., Pramadewi, A., & Rama, R. (2022). Pemulihan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Digitalisasi Markeing Pada Sektor UMKM. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 630–635. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.378