Analisis Rencana Strategi Bisnis Rumah Sakit Ibu Dan Anak (Studi Kasus Rumah Sakit Bunda Aisyah Tasikmalaya)

Authors

  • Saefullah Darmawan Sudardjat Universitas Islam Bandung, Bandung, Indonesia
  • Muhardi Muhardi Universitas Islam Bandung, Bandung, Indonesia
  • Albert Hendarta Universitas Islam Bandung, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.390

Keywords:

Rencana Strategi Bisnis, Rumah Sakit Ibu dan Anak

Abstract

Permasalahan kesehatan, akses yang terbatas dan rendahnya kualitas pelayanan kesehatan yang dihadapi masyarakat saat ini. Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) dituntut memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak yang berkualitas. Penyelanggaraan rumah sakit yang berkualitas memerlukan perencanaan strategi yang tepat. Perencanaan strategi yang baik menentukan keberhasilan penyelenggaraan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan saat ini yang dapat menjadi peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan bagi rumah sakit. Dan mengetahui pilihan strategi yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara, observasi, diskusi terfokus (Focus Group Discussion) dan data sekunder diperoleh dari laporan kinerja rumah sakit, BPS (Biro Pusat Statistik), profil kesehatan dan aturan-aturan Pemerintah. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap pertama meliputi analisis lingkungan dan evaluasi faktor menggunakan EFE dan IFE. Diketahui faktor peluang 2,15 dan ancaman 0,7. Faktor kekuatan 2,65 dan kelemahan 0,85. Tahap kedua meliputi penentuan pilihan strategi dengan menggunakan matriks SWOT dan IE. Diketahui matriks SWOT ada pada strategi SO (Strength-Weakness) dan matrike IE berada pada sel IV sebagai strategi tumbuh dan membangun. Tahap ketiga meliputi penetapan strategi terpilih menggunakan QSPM dari hasil penelitian tersebut didapatkan pilihan strategi yang relevan bagi RSIA Bunda Aisyah, yaitu strategi pengembangan pasar dengan melakukan kerjasama pelayanan dengan perusahan dan mitra strategis. Strategi pengembangan produk dengan penambahan ruang perawatan dan ruang pelayanan lainnya. Dan strategi penetrasi pasar dengan melakukan pengembangan media promosi melalui media sosial

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Sudardjat, S. D., Muhardi, M., & Hendarta, A. (2022). Analisis Rencana Strategi Bisnis Rumah Sakit Ibu Dan Anak (Studi Kasus Rumah Sakit Bunda Aisyah Tasikmalaya). Jurnal Sosial Teknologi, 2(8), 670–682. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i8.390