Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang di PT Shabar Tour

Authors

  • Salmaa Andrayeni Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i1.4

Abstract

Pengaruh kualitas pelayanan dan harga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat pembelian ulang terhadap suatu produk atau jasa. Penelitian ini berfokus pada perusahaan bernama PT.Shabar Tour. Berdasarkan hasil pra-survei di perusahaan PT. Shabar Tour, kualitas pelayanan mengenai tangible, emphaty, reliability, responsivness, dan assurance menunjukan kinerja yang belum sepenuhnya baik. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan metode penelitian Deskriptif Analisis untuk mengukur variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap minat pembelian ulang. Dengan didukung oleh hasil tanggapan responden atas kuesioner. Populasi pada penelitian ini diambil dari jamaah umrah PT. Shabar Tour dengan menggunakan metode pengambilan sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 153 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: : (1) Kualitas pelayan berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dengan nilai regresi sebesar 0,337 dan tingkat signifikansinya 0,00 (2) Harga berpengaruh positif terhadap minat pembelian ulang dengan nilau regresi sebesar 0,443 dan tingkat signifikansinya 0,00. (3) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh negatif terhadap minat pembelian ulang dengan nilai regresi sebesar -1,677 dan tingkat signifikansi sebesar 0,137. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan harga mampu menjelaskan variabel


minat beli ulang sebesar 84,5% sedangkan sisanya sebesar 15,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2021-02-19

How to Cite

Andrayeni, S. . (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang di PT Shabar Tour. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 1(1), 33–39. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i1.4