Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program Corporate Social Responsibility Kampung Bioflok Laju
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.424Keywords:
IKM, Corporate Social Responsibility, PelayananAbstract
Survey Indeks Kepuasan Masyarakat dilakukan untuk mengukur tingkat kualitas program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan PT Pertamina Patra Niaga yaitu Kampung Bioflok Lele Kasang Maju di Kelurahan Kasang Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan Skala Likert Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 orang penerima manfaat program. Hasil survey ini dapat disimpulkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Program Kampung Bioflok Lele Kasang Maju sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan 12 indikator yang telah dibua dan mendapatkan kriteria pelayanan yang Baik, dengan nilai IKM 3,32 atau dikonversi dengan nilai 83,12 yang artinya mendapat kinerja pelayanan kategori B (Baik).
References
Ambadar, J. (2013). Csr Dalam Praktik Di Indonesia. Elex Media Komputindo.
Branco, M. C., & Rodrigues, L. L. (2006). Positioning Stakeholder Theory Within The Debate On Corporate On Corporate Social Responsibility. Electronic Journal Of Business Ethics And Organization Studies, 12(1), 61–80.
Commission, E. U. (2011). A Renewed Eu Strategy 2011-14 For Corporate Social Responsibility. Brussels, European Commisson.
Dekker, S. (2018). Just Culture: Restoring Trust And Accountability In Your Organization. Crc Press.
Herman, A. (2020). Corporate Social Responsibility Sebagai Tanggungjawab Konstitusional Perusahaan (Analisis Program Pln Peduli Objek Wisata Silahisabungan Pt Pln (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Sebagai Bentuk Tanggungjawab Konstitusional Bumn). Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta.
I.J.M. Zwetsloot, G., & De Bruin, T. (2023). Surviving Relatives As Stakeholders For Corporate Social Responsibility And As Leaders For Meaningful Safety Improvement. A Case Study From The Netherlands. Safety Science, 157, 105927. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Ssci.2022.105927
Kristanti, D. (2019). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Terhadap Pelayanan Tutorial Tatap Muka Di Upbjj-Ut Bengkulu. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(2), 80–91.
Marnelly, T. R. (2012). Corporate Social Responsibility (Csr): Tinjauan Teori Dan Praktek Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 49–59.
Moratis, L., & Cochius, T. (2017). Iso 26000: The Business Guide To The New Standard On Social Responsibility. Routledge.
Pasolong, H. (2020). Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta Bandung.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.
Putri, K. A., Aditya, E. M., & Nurdhiana, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Aset, 21(2), 107–114.
Sukihana, I. A., & Kurniawan, I. G. A. (2016). Tanggung Jawab Perusahaan Dari Profit Menuju Stakeholders Oriented Studi Csr Di Tabanan. Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Udayana, 51, 194.
Umi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Widjaja, G., & Pratama, Y. A. (2008). Risiko Hukum & Bisnis Perusahaan Tanpa Csr.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Irwan Sigit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.