Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program Corporate Social Responsibility Kampung Bioflok Laju

Authors

  • Irwan Sigit Universitas Diponegoro, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.424

Keywords:

IKM, Corporate Social Responsibility, Pelayanan

Abstract

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat dilakukan untuk mengukur tingkat kualitas program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diselenggarakan PT Pertamina Patra Niaga yaitu Kampung Bioflok Lele Kasang Maju di Kelurahan Kasang Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan Skala Likert Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 orang penerima manfaat program. Hasil survey ini dapat disimpulkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Program Kampung Bioflok Lele Kasang Maju sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan 12 indikator yang telah dibua dan mendapatkan kriteria pelayanan yang Baik, dengan nilai IKM 3,32 atau dikonversi dengan nilai 83,12 yang artinya mendapat kinerja pelayanan kategori B (Baik).

References

Ambadar, J. (2013). Csr Dalam Praktik Di Indonesia. Elex Media Komputindo.

Branco, M. C., & Rodrigues, L. L. (2006). Positioning Stakeholder Theory Within The Debate On Corporate On Corporate Social Responsibility. Electronic Journal Of Business Ethics And Organization Studies, 12(1), 61–80.

Commission, E. U. (2011). A Renewed Eu Strategy 2011-14 For Corporate Social Responsibility. Brussels, European Commisson.

Dekker, S. (2018). Just Culture: Restoring Trust And Accountability In Your Organization. Crc Press.

Herman, A. (2020). Corporate Social Responsibility Sebagai Tanggungjawab Konstitusional Perusahaan (Analisis Program Pln Peduli Objek Wisata Silahisabungan Pt Pln (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Sebagai Bentuk Tanggungjawab Konstitusional Bumn). Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta.

I.J.M. Zwetsloot, G., & De Bruin, T. (2023). Surviving Relatives As Stakeholders For Corporate Social Responsibility And As Leaders For Meaningful Safety Improvement. A Case Study From The Netherlands. Safety Science, 157, 105927. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Ssci.2022.105927

Kristanti, D. (2019). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Terhadap Pelayanan Tutorial Tatap Muka Di Upbjj-Ut Bengkulu. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(2), 80–91.

Marnelly, T. R. (2012). Corporate Social Responsibility (Csr): Tinjauan Teori Dan Praktek Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 49–59.

Moratis, L., & Cochius, T. (2017). Iso 26000: The Business Guide To The New Standard On Social Responsibility. Routledge.

Pasolong, H. (2020). Kepemimpinan Birokrasi. Alfabeta Bandung.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Putri, K. A., Aditya, E. M., & Nurdhiana, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Aset, 21(2), 107–114.

Sukihana, I. A., & Kurniawan, I. G. A. (2016). Tanggung Jawab Perusahaan Dari Profit Menuju Stakeholders Oriented Studi Csr Di Tabanan. Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Udayana, 51, 194.

Umi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Widjaja, G., & Pratama, Y. A. (2008). Risiko Hukum & Bisnis Perusahaan Tanpa Csr.

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Sigit, I. (2022). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program Corporate Social Responsibility Kampung Bioflok Laju . Jurnal Sosial Teknologi, 2(10), 826–833. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.424