Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulse Pada Live Streaming E-Commerce Berdasarkan S-O-R (Stimulus Organism Response) Framework

Authors

  • Shinta Primadewi Universitas Budi Luhur, Jakarta
  • Wiwik Fitriasari Universitas Budi Luhur, Jakarta
  • Kallista Adhysti W Universitas Budi Luhur, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.427

Keywords:

Pembelian Impulsif, Live Streaming, E-Commerce, SOR (Stimulus Organism, Response).

Abstract

Munculnya E-commerce sebagai alat memperkenalkan produk, layanan, tutorial penggunaan atau peluncuran sebuah produk baru tentu diharapkan menjadi salah satu alat pelaku usaha mencapai segala jenis target yang diinginkan. Dalam perkembangannya, beberapa platform media sosial dan E-commerce saat ini juga mengintegrasikan fitur menarik seperti live streaming. Beberapapenelitian pada digital platform yang mengimplementasikan live streaming, menyatakan bahwa statistik live streaming sangat mengesankan untuk tahun 2021.Peningkatan total waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia untuk menonton live streaming mencapai 140% pada 2021 (dibandingkan dengan data 2019) Indonesia menjadi yang tertinggi di dunia. Dalam penelitian ini beberapa faktor yang diangkat sebagai variabel penelitian live streaming pada e-commerce akan dianalisa dengan mengadopsi framework SOR (Stimulus-Organism- Response). Permasalahan yang akan diangkat pada penelitian ini, yakni apakah fenomena Live Streaming pada E- commerce yang dilakukan dapat mendorong pembelian impulsif oleh konsumen, didukung oleh beberapa faktor yang akan di teliti yaitu Live Streamer, Harga Produk, Purchase Convenience dengan Perceived Enjoyment sebagai variabel intervening. Melihat fenomena yang terjadi pada pembelian impulsif suatu produk, maka penulis melakukan penelitian dengan menganalisis pengaruh live streamer, harga, purchase convenience, perceived enjoyment sebagai variabel intervening yang akan diteliti apakah berpengaruh terhadap pembelian impulsive. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasisPartial Least Square (PLS) dan sampel pada penelitian ini adalah 211 responden yang pernah melakukan pembelian saat live streaming pada ecommerce di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang telah melakukan pembelian impulsif (pembelian tak terencana).

References

Balawera, A. (2013). Green marketing dan corporate social responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organik di Freshmart kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Chen, C.-C., & Lin, Y.-C. (2018). What drives live-stream usage intention? The perspectives of flow, entertainment, social interaction, and endorsement. Telematics and Informatics, 35(1), 293–303.

Chen, Y.-S. (2008). The driver of green innovation and green image–green core competence. Journal of Business Ethics, 81(3), 531–543.

Hadi, M. A., & SH, M. S. (2022). Penilaian Bisnis Waralaba (Valuation of Franchise) Kajian Penilaian Properti Takberwujud dalam Suatu Konsep Teori Penilaian Bisnis. Deepublish.

Hansel, B. (2021). Pengaruh Perceived Enjoyment terhadap Repurchase Intention melalui Shopping Orientation untuk Seller yang membuka Lapak pada aplikasi Tokopedia di Surabaya. Agora, 9(2).

Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi industri 4.0 di tengah society 5.0: sebuah integrasi ruang, terobosan teknologi, dan transformasi kehidupan di era disruptif. Anak Hebat Indonesia.

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Lund, S., Madgavkar, A., Mischke, J., & Remes, J. (2021). What’s next for consumers, workers, and companies in the post-COVID-19 recovery. McKinsey & Company.

Muktaf, Z. M. (2016). Era Perkembangan Ilmu Komunikasi.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, H., Dewi, I. K., Arfandi, S. N., Sudarso, A., & Hasyim, H. (2021). Manajemen bisnis pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah. CIVIS, 2(1).

Tai, T.-Y., & Chen, H. H.-J. (2020). The impact of Google Assistant on adolescent EFL learners’ willingness to communicate. Interactive Learning Environments, 1–18.

Turkyilmaz, C. A., Erdem, S., & Uslu, A. (2015). The effects of personality traits and website quality on online impulse buying. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 175, 98–105.

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Primadewi, S., Fitriasari, W., & Adhysti W, K. . (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulse Pada Live Streaming E-Commerce Berdasarkan S-O-R (Stimulus Organism Response) Framework. Jurnal Sosial Teknologi, 2(10), 846–856. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.427