Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Ketuntasan Belajar Bagi Pokdarwis
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.430Keywords:
Model Pelatihan, Bahasa Inggris, Pokdarwis, PariwisataAbstract
Penelitian ini bertujuan membuat model pelatihan bahasa Inggris dengan pendekatan ketuntasan belajar bagi Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang bertugas di objek wisata alam untuk meningkatkan mutu layanan kepariwisataan bagi wisata asing. Munculnya berbagai persoalan kemampuan dalam berbahasa Inggris bagi Pokdarwis menjadi perhatian yang harus segera mendapatkan solusi, seperti Desa Wisata tepatnya yang berada di Desa Kekeri Kabupaten Lombok Barat. Setelah kami melakukan penelitian menemukan bahwa tidak seorangpun diantara mereka yang mengayam pendidikan vokasional yang relevan, mereka juga tidak pernah mengikuti pelatihan bahasa Inggris secara rutin; mereka membutuhkan pelatihan bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental yang digunakan dalam uji coba model hipotetik. Model ini diharapkan akan dapat diuji cobakan secara lebih luas agar dapat mengetahui efektifitas dari sebuah model ini dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini menemukan bahwa kondisi objektif keterampilan bagi pramuwisata untuk berbicara dan membaca kurang begitu baik, proses pembelajaran berlangsung secara otodidak. Selain itu latar belakang pendidikan bagi Pokdarwis lebih banyak tamatan lulusan sekolah dasar. Model pelatihan yang digunahakn yaitu mastery learning bagi pramuwisata atau pokdarwis untuk meningkatkan mutu layanan kepariwisataan bagi wisatawan asing dan domestik. Pelatihan berbahasa Inggris dengan pendekatan mastery learning belum terbukti memberikan solusi.
References
Ahmadi, F., & Khoiriyah, E. S. (2020). Strategi dan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1, 1–4.
Deng, J., Schoenbach, K. H., Buescher, E. S., Hair, P. S., Fox, P. M., & Beebe, S. J. (2003). The effects of intense submicrosecond electrical pulses on cells. Biophysical Journal, 84(4), 2709–2714.
Deni, M., & Winarni, S. (2017). Pengaruh pramuwisata dan promosi terhadap kunjungan wisatawan kota Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 15(1), 39–48.
Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 149.
Hariani, P. P., Wastuti, S. N. Y., Mahdalena, L., & Barus, W. I. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 41–49.
Indiyati, D., Khusnia, H. N., & Chotijah, S. (2020). Optimalisasi Gerakan Sadar Wisata melalui Produksi Video Promosi Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 603–609.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, 50.
Minaee, S., Kafieh, R., Sonka, M., Yazdani, S., & Soufi, G. J. (2020). Deep-COVID: Predicting COVID-19 from chest X-ray images using deep transfer learning. Medical Image Analysis, 65, 101794.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar metode penelitian. Laksbang Pressindo.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.
Salam, J., & Fadhli, M. (2020). Pengenalan Aplikasi Kebudayaan Aceh Menggunakan Augmented Reality Pada Pramuwisata Aceh. Journal Of Informatics And Computer Science, 6(1), 57–63.
Sigit Hermawan, S. E., & Amirullah, S. E. (2021). Metode penelitian bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70.
Yantoro, Y., Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8–15.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lukman Lukman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.