Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menyimak Murid Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Rahayu Ayu Unismuh Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i5.51

Keywords:

Team Assisted Individualization, Keterampilan Menyimak, Murid

Abstract

Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menyimak murid kelas IV SD Inpres Bollangi 1 Kecamatan Pattallassang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya  pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menyimak murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimental design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pretestang tuntas secara individual dari 17 murid hanya 1 murid atau 5,89% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada  pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 48,94%. Sedangkan saat melakukan post test dimana dari 17 murid atau 86,29% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 94,11% atau berada dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar  9,04. Dengan frekuensi (db) sebesar 17 - 1 = 16, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel = 2,120. Oleh karena t hitung  > t tabel pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil analisis diatas menunjukkan adanya pengaruh positif model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menyimak murid kelas IV SD Inpres Bollangi 1 Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Ayu, S. R. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menyimak Murid Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 1(5), 376–382. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i5.51