Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menyimak Murid Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.51Keywords:
Team Assisted Individualization, Keterampilan Menyimak, MuridAbstract
Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menyimak murid kelas IV SD Inpres Bollangi 1 Kecamatan Pattallassang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menyimak murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimental design jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pretestang tuntas secara individual dari 17 murid hanya 1 murid atau 5,89% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 48,94%. Sedangkan saat melakukan post test dimana dari 17 murid atau 86,29% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 94,11% atau berada dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 9,04. Dengan frekuensi (db) sebesar 17 - 1 = 16, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel = 2,120. Oleh karena t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil analisis diatas menunjukkan adanya pengaruh positif model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menyimak murid kelas IV SD Inpres Bollangi 1 Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sri Rahayu Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.