Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Kuberbagi Infak Dan Sedekah Melalui Metode Resitasi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i12.524Keywords:
Al-Qur’an, Hadits,, Hasil Belajar, Metode ResitasiAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran AL-Qur’an Hadits Materi Kubagi Infak dan Sedekah dan keaktifan belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui Metode Resitasi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan Metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 10 siswa atau sekitar 38,46%) dari 26 siswa, setelah dilaksanakan siklus I dengan Metode Resitasi menjadi 18 siswa yang tuntas dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sekitar 69,23%) dengan rata-rata nilai sebesar 74,23. Kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 23 siswa atau mencapai sekitar (88,46%) dengan nilai rata-rata sebesar 80,19. Penerapan Metode Resitasi juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Aktivitas siswa terdiri dari rasa ingin tahu, kerjasama dan toleransi. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 60,90%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 84,29% sehingga berada pada kriteria sangat baik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ali Mudlofar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.