Analisis Kinerja dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Moda Transportasi Microtrans Jak Lingko (Puri Kembangan - Kalideres)

Authors

  • Arifin Universitas Mercu Buana
  • Nunung Widyaningsih Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.55

Keywords:

Jak Lingko, Kinerja dan Kepuasan, Importance Prefomance Analysis, Servqual.

Abstract

Microtrans Jak Lingko 50 merupakan angkutan umum dengan rute yang terhubung dengan beberapa transportasi umum lainnya mulai dari stasiun kereta, halte TransJakarta dan angkutan umum lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi kepuasan penumpang terhadap layanan dan tingkat kinerja dari Angkutan Jak Lingko 50. Penelitian ini memerlukan dua teknik pengumpulan data yakni data primer yang berasal dari hasil akumulasi kuesioner dengan jumlah 100 responden yang menjadi penumpang Angkutan Jak Lingko 50 dan data sekunder berupa data mengenai kinerja dari layanan angkutan Jak Lingko. Metode analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Servqual. Hasil analisis membuktikan bahwa tingkat rata-rata kinerja angkutan Jak Lingko 50 memiliki nilai rata – rata 4.02 dan rata – rata tingkat kepuasan penumpang yaitu 3,92 dari skor tertinggi 5, dengan nilai tesebut tingkat kinerja dan kepuasan mendapat predikat cukup baik dan kesanggupan pengguna untuk membeli kartu Jak Lingko dikatakan mampu karena sebanyak 100 orang berpendapat harga kartu murah.

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Arifin, A., & Widyaningsih, N. (2021). Analisis Kinerja dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Moda Transportasi Microtrans Jak Lingko (Puri Kembangan - Kalideres). Jurnal Sosial Teknologi, 1(5), 410–418. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.55