Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop di SDN Pondok Betung 03

Authors

  • Diding Sahroni SDN Pondok Betung 03

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i4.59

Keywords:

Peningkatan guru, Menetapkan, KKM

Abstract

Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan II.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan  minimal di SDN Pondok Betung 03. Dengan demikian dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa kegiatan workshop dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Pondok Betung 03 tahun 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui workshop di SDN Pondok Betung 03. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan model Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. proses pelaksanaan penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal melalui workshop untuk peningkatan kemampuan guru  dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal dimulai dari supervisi awal. Supervisi awal dilakukan untuk mengenali masalah yang ada dalam penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal. Langkah selanjutnya adalah menganalisis hasil supervisi kemudian ditindak lanjuti dengan mengadakan workshop.

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

Sahroni, D. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Workshop di SDN Pondok Betung 03. Jurnal Sosial Teknologi, 1(4), 319–334. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i4.59