Analisis Prediksi Kebangkrutan Studi Kasus Perusahaan Jasa Sub Sektor Hotel, Pariwisata dan Restoran

Authors

  • Ambarrani Ambarrani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.61

Keywords:

Analisis Prediksi Kebangkrutan, Altman Z-Score, Perusahaan Jasa Subsektor

Abstract

Setiap perusahaan memiliki risiko mengalami kebangkrutan karena kesulitan keuangan dapat saja terjadi di masa depan yang

mana apabila tidak diatasi secara intensif akan berakibat fatal bagi keberlangsungan hidup perusahaan. Kebangkrutan merupakan kondisi perusahaan mengalami ketidakcukupan dana untuk melakukan kegiatan usaha yang dijalankan karena tidak mampu lagi menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tingkat kebangkrutan yang dihadapi oleh perusahaan jasa sub sektor hotel, rumah makan dan pariwisata menggunakan alat analisis metode Altman Z-Score. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa sub sektor hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan data, mempelajari data dan menganalisis data sekunder yang diambil dari laporan keuangan perusahaan. Jumlah sampel yang diambil sejumlah tiga perusahaan selama lima tahun periode tahun berjalan. Data analisis diambil sesuai dengan rasio – rasio keuangan dalam metode analisis Altman Z-Score. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan-perusahaan yang dipilih rata–rata berada di daerah rawan bangkrut/grey area sesuai dengan hasil perolehan nilai Z-Score yang ditentukan dalam metode analisis Altman Z-Score.

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Ambarrani, A. (2021). Analisis Prediksi Kebangkrutan Studi Kasus Perusahaan Jasa Sub Sektor Hotel, Pariwisata dan Restoran. Jurnal Sosial Teknologi, 1(5), 390–395. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.61