Penerapan Algoritma Genetika dalam Optimisasi Penjadwalan Sistem Informasi Akademik

Authors

  • Melani Nur Cahya Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan
  • Isma Elan Maulani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Intan SMK Syntax Business School Kuningan
  • Tika Ayu Ambarwati SMK Syntax Business School Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.637

Keywords:

algoritma genetik, penjadwalan kuliah sistem , informasi akademik

Abstract

Penjadwalan kuliah yang baik merupakan hal penting dalam manajemen sistem informasi akademik. Namun, penjadwalan kuliah seringkali sulit dilakukan secara manual karena kompleksitas dan berbagai kendala yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, algoritma genetika dapat menjadi solusi dalam mengoptimalkan penjadwalan kuliah dan mengatasi kendala yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan algoritma genetika dalam mengoptimalkan penjadwalan kuliah dalam sistem informasi akademik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data jadwal kuliah dan preferensi dosen dan mahasiswa yang diambil dari sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Algoritma genetika diterapkan untuk menghasilkan jadwal kuliah yang optimal dengan mempertimbangkan sejumlah kriteria dan kendala, seperti tumpang tindih jadwal, preferensi dosen, preferensi mahasiswa, dan kapasitas ruangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan algoritma genetika dapat mengoptimalkan penjadwalan kuliah dengan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan metode manual. Algoritma genetika mampu menghasilkan jadwal kuliah yang optimal dengan mempertimbangkan sejumlah kriteria dan kendala yang ada. Selain itu, algoritma genetika mampu menyelesaikan proses penjadwalan kuliah dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan metode manual.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Nur Cahya, M., Elan Maulani, I., Intan, I., & Ayu Ambarwati, T. . (2023). Penerapan Algoritma Genetika dalam Optimisasi Penjadwalan Sistem Informasi Akademik. Jurnal Sosial Teknologi, 3(2), 103–107. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.637