Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman pada Mahasiswa Teknik Informatika

Authors

  • Fatih Humam Ramadhan Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Isma Elan Maulani Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nabilaa Faizatuz Zuhriyah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nina Siti Marlina Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.638

Keywords:

Android, Mobile Learning, Model Siklus Hidup Perangkat Lunak, Keterampilan Pemrograman

Abstract

Mobile Learning (M-learning) adalah sebuah sistem pembelajaran yang menggunakan teknologi mobile untuk membantu proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi M-learning berbasis Android untuk meningkatkan keterampilan pemrograman pada mahasiswa Teknik Informatika. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah Model Siklus Hidup Perangkat Lunak.Aplikasi yang dikembangkan terdiri dari dua modul utama, yaitu modul materi pembelajaran dan modul latihan. Modul materi pembelajaran berisi rangkuman dan penjelasan teori dasar pemrograman dengan contoh program yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, dan video. Sedangkan modul latihan berisi kumpulan soal dan jawaban latihan pemrograman yang dikemas dalam bentuk permainan yang menarik. Hasil uji coba terhadap aplikasi ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan keterampilan pemrograman mahasiswa. Mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini mengalami peningkatan dalam memahami teori dasar pemrograman dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal latihan. Selain itu, mahasiswa memberikan feedback positif terhadap fitur-fitur yang disajikan dalam aplikasi ini.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Humam Ramadhan, F., Elan Maulani, I. ., Faizatuz Zuhriyah, N., & Siti Marlina, N. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Pemrograman pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Sosial Teknologi, 3(2), 108–113. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.638