Kepuasan Kerja Account Representative Pelayanan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pasuruan

Authors

  • Al Amin Universitas Gajayana Malang
  • Ernani Hadiyati Universitas Gajayana Malang
  • Jamal Abdul Naser Universitas Gajayana Malang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.65

Keywords:

Kualitas makanan, Kualitas layanan, Kualitas fisik, Nilai yang dirasakan, Kepuasan kerja

Abstract

Account Representative dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Account Representative Pelayanan dan Pengawasan. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan secara mendalam tentang kepuasan kerja Account Representative Pelayanan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian adalah Account Representative Pelayanan yang pernah menjadi Account Representative Pengawasan yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi terhadap informan dengan triangulasi data sebagai metode uji keabsahan datanya. Teknik Analisis Informasi berupa penghimpunan informasi, pengurangan informasi, penyajian informasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Account Representative Pelayanan (ARP) merasakan kepuasan kerja yang tinggi terhadap pekerjaannya karena memiliki beban kerja tidak terlalu berat dan jenis pekerjaan yang pasti atau sudah ditentukan. ARP merasakan kepuasan kerja yang tinggi terhadap pembayaran gaji dan tunjangan karena sudah dilakukan secara adil berdasarkan beban kerja, tingkat keterampilan dan keahlian. ARP merasakan kepuasan kerja yang tinggi terhadap Promosi karena pemberian promosi jabatan sudah dilakukan kepada pegawai yang berkinerja tinggi dan berprestasi dan pemberian promosi jabatan kepada pegawai yang memiliki kompetensi. ARP merasakan kepuasan kerja yang tinggi terhadap supervisi karena atasan langsung sudah memberikan perhatian dan arahan yang tepat pada pegawainya. ARP merasakan kepuasan kerja yang tinggi terhadap rekan kerja karena hubungan dengan rekan kerja sudah terjalin dengan baik.

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Amin, A., Hadiyati, E., & Naser, J. A. (2021). Kepuasan Kerja Account Representative Pelayanan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pasuruan. Jurnal Sosial Teknologi, 1(5), 343–354. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i5.65