Faktor Keterlambatan Pekerjaan Bangunan Pelimpah pada Proyek Bendungan Jlantah Jatiyoso Karanganyar

Authors

  • Deni Tri Febriantoro Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Priyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i3.669

Keywords:

bangunan pelimpah, metode, risiko, pengelolaan

Abstract

Bangunan Pelimpah adalah struktur yang digunakan untuk menyediakan aliran yang terkendali dari bendungan ke daerah hilir. Bangunan pelimpah berfungsi untuk mengalirkan air banjir yang masuk ke dalam waduk supaya tidak membahayakan keamanan tubuh bendungan. Perkembangan pembangunan yang semakin meningkat melahirkan pesatnya perkembangan perusahaan jasa yang bergerak di bidang konstruksi. Pada kenyataannya pelaksanaan proyek konstruksi selalu mengalami kendala yang mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan, sehingga waktu penyelesaian pekerjaan tidak sesuai dengan yang telah ditetepkan pada dokumen kontrak pekerjaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara dan studi literatur untuk mengidentifikasi faktor risiko yang menyebabkan keterlambatan pekerjaan dan pengelolaan risiko pekerjaan beton. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa penyebab keterlambatan  yang telah diidentifikasi yaitu  keterlambatan  keterseduaan beton, faktor curah hujan, faktor kurangnya ketersediaan tenaga kerja, Faktor kurangnya kedisiplinan tenaga kerja, Faktor kurangnya keahlian tenaga kerja, Faktor komunikasi antar kontraktor dan owner.

References

AFTORTU, M. RIZQIKA. (2019). Analisis Risiko Proyek Konstruksi Studi Kasus Bendungan Way Sekampung Paket 2 Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis dan Domino.

Suprapto, R. E., Japarussidik, J., Sriyana, S., & Sadono, K. W. (2021). Penilaian Risiko Bendungan Pelaparado Berbasis Metode Modifikasi ICOLD dan Metode Indeks Risiko. TEKNIK, 42(2), 226–235.

Yanto, Y., & Budi Priyanto, S. T. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Resiko Kritis Pada Perumahan Di Kabupaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yosieguspa, Y., & Humaeroh, W. (2020). Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan Tanah Pada Proyek Pembangunan Lapangan Parkir Jakabaring Sport City Palembang. Jurnal Deformasi, 5(1), 11–21.

Maulana, R. (n.d.). Strategi Marketing Public Relation Shopeefood Dalam Pembentukan Citra Perusahaan. Martono, Ricky. (2018). Manajemen Logistik. Gramedia Pustaka Utama.

Priyanto, B., Nur Sahid, M., Solikin, M., & Al Faruqi, J. (2022). Investigation of Critical Risk Factors and Level of Risk for Environmentally damage induced by house projects. Caspian Journal of Environmental Sciences, 20(2), 413–421.

Juwono, P. T., & Yuliani, E. (2016). Analisis Probabilitas Risiko Kegagalan Bendungan Gerokgak Berdasarkan Metode Pohon Kejadian (Event Tree). Jurnal Teknik Pengairan: Journal of Water Resources Engineering, 7(1), 7–16.

Setiawan, D., Ishak, I., & Zulkarnaen, I. (2018). Prototype Alat Pemantauan Ketinggian Air Pada Bendungan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 17(2), 170–174. Priyanto, B., & Yuliansyah, A. I. (2022). Mengungkap Faktor-Faktor Penyebab Pembengkakan Biaya pada Proyek Pembangunan Apartemen di Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS, 166–170.

Agusti, H., Y. (2017). Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Gedung Dan Pengaruhnya Terhadap Anggaran Biaya. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

Juwono, P. T., & Subagiyo, A. (2018). Sumber Daya Air dan Pengembangan Wilayah: Infrastruktur Keairan Mendukung Pengembangan Wisata, Energi, dan Ketahanan Pangan. Universitas Brawijaya Press.

Wibowo, Ary. (2021). Evaluasi Penerapan Building Information Modeling (Bim) Pada Proyek Konstruksi Di Indonesia. Universitas Islam Sultan Agung.

Wibowo, Ary. (2021). Evaluasi Penerapan Building Information Modeling (Bim) Pada Proyek Konstruksi Di Indonesia. Universitas Islam Sultan Agung.

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Tri Febriantoro, D., & Priyanto , B. . (2023). Faktor Keterlambatan Pekerjaan Bangunan Pelimpah pada Proyek Bendungan Jlantah Jatiyoso Karanganyar. Jurnal Sosial Teknologi, 3(3), 241–245. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i3.669