Pembelajaran Berdifferensiasi dengan Continental Boards Kelas IX G SMPN 3 Demak

Authors

  • Rif’ah SMP Negeri 3 Demak

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i3.670

Keywords:

aktivitas, hasil belajar, pembelajaran berdifferensiasi, continental boards

Abstract

Penelitian tindakan kelas  atau class action research. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX G  SMP Negeri 3 Demak. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar pengamatan kegiatan yang dilaksanakan peserta didik selama kegiatan pembelajaran  di kelas.  Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, berdasarkan hasil lembar  pengamatan, angket, dan postes setiap akhir siklus. Menerapkan pembelajaran berdiffrensiasi dengan menggunakan Continental Boards 2) meningkatkan Aktivitas dan hasil  belajar  peserta didik  pada  pembelajaran berdifferensiasi dengan Continental Boards  pada materi Mengenal 5 Benua di Dunia  kelas IX G  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri  3 Demak. Pembelajaran berdifferensiasi dengan Continental Boards  adalah Pembelajaran dengan membedakan konten, dan produk. Terdapat  lima kelompok kecil dengan anggota 6 peserta didik  mendapatkan materi yang berbeda-beda, dan produk hasil pembelajaran yang berbeda. Produk-produk yang berbeda tersebut di namakan  Continental Boards atau Papan-papan Benua. Yaitu Papan Benua Asia, Amerika,  Afrika, Eropa, dan Australia; 2) Aktivitas  peserta  didik  dalam pembelajaran mengalami  peningkatan,  dari 62,67% pada  siklus I menjadi 89,33% pada siklus II, peningkatan hasil penilaian produk Continental Boards dari nilai 73,00 di siklus I  meningkat menjadi 88,33 di siklus II; dan   terdapat peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata dari 72,17 menjadi 85,50  dengan nilai tertinggi dari 85 menjadi 100 dan nilai terendah dari 60 menjadi 70. Banyaknya peserta didik yang tuntas pada siklus I, 16 peserta didik dan pada siklus II meningkat menjadi 26 peserta didik. Ketuntasan klasikal 86,67%.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Ardinata, C. P. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Mandala. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 6(6), 328–337.

Fadila, A. N. (2022). Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Siman). IAIN Ponorogo.

Indonesia, S. (n.d.). Statistics of Maritime and Coastal Resources 2011. Statistics Indonesia. Maghfiroh, U. (2011). Penerapan pembelajaran fisika bervisi sets untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 7(1).

Nurahmi, A. P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Pengguatan Metode Snowball Throwing. Journal Civics and Social Studies, 5(2), 198–213.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan model discovery learning berkolaborasi google classroom dan whatsapp group untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159–168.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(1).

Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., Haeruman, L. D., Sianipar, L. K., Sanjaya, L. A., & Fidhyallah, N. F. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Ridhowati, S. (2020). Potensi Penghambatan Sel Kanker Dan Keamanan Tepung Teripang Gama (Stichopus Variegatus) Sebagai Bahan Pangan Fungsional. IPB (Bogor Agricultural University).

Sarwa, S. S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah dan Solusi. Penerbit Adab. Ulia, N. (2016). Peningkatan pemahaman konsep matematika materi bangun datar dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pendekatan saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.

Wibowo, H. (2017). Praktik Bekerja Bersama Kelompok Untuk Penguatan Program Pelatihan Dan Pengembangan. Share: Social Work Journal, 7(1), 102–108.

Wibowo, Y., Widowati, A., & Rusmawati, K. (2013). Peningkatan kreatifitas dan kemampuan kognitif siswa melalui outdoor learning activity. Bioedukasi, 6(1).

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Rif’ah, R. (2023). Pembelajaran Berdifferensiasi dengan Continental Boards Kelas IX G SMPN 3 Demak. Jurnal Sosial Teknologi, 3(3), 246–260. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i3.670