Pembelajaran Berdifferensiasi dengan Continental Boards Kelas IX G SMPN 3 Demak
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i3.670Keywords:
aktivitas, hasil belajar, pembelajaran berdifferensiasi, continental boardsAbstract
Penelitian tindakan kelas atau class action research. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX G SMP Negeri 3 Demak. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar pengamatan kegiatan yang dilaksanakan peserta didik selama kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, berdasarkan hasil lembar pengamatan, angket, dan postes setiap akhir siklus. Menerapkan pembelajaran berdiffrensiasi dengan menggunakan Continental Boards 2) meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran berdifferensiasi dengan Continental Boards pada materi Mengenal 5 Benua di Dunia kelas IX G Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Demak. Pembelajaran berdifferensiasi dengan Continental Boards adalah Pembelajaran dengan membedakan konten, dan produk. Terdapat lima kelompok kecil dengan anggota 6 peserta didik mendapatkan materi yang berbeda-beda, dan produk hasil pembelajaran yang berbeda. Produk-produk yang berbeda tersebut di namakan Continental Boards atau Papan-papan Benua. Yaitu Papan Benua Asia, Amerika, Afrika, Eropa, dan Australia; 2) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran mengalami peningkatan, dari 62,67% pada siklus I menjadi 89,33% pada siklus II, peningkatan hasil penilaian produk Continental Boards dari nilai 73,00 di siklus I meningkat menjadi 88,33 di siklus II; dan terdapat peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata dari 72,17 menjadi 85,50 dengan nilai tertinggi dari 85 menjadi 100 dan nilai terendah dari 60 menjadi 70. Banyaknya peserta didik yang tuntas pada siklus I, 16 peserta didik dan pada siklus II meningkat menjadi 26 peserta didik. Ketuntasan klasikal 86,67%.
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Ardinata, C. P. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd Mandala. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 6(6), 328–337.
Fadila, A. N. (2022). Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Siman). IAIN Ponorogo.
Indonesia, S. (n.d.). Statistics of Maritime and Coastal Resources 2011. Statistics Indonesia. Maghfiroh, U. (2011). Penerapan pembelajaran fisika bervisi sets untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 7(1).
Nurahmi, A. P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Pengguatan Metode Snowball Throwing. Journal Civics and Social Studies, 5(2), 198–213.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.
Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan model discovery learning berkolaborasi google classroom dan whatsapp group untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159–168.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 3(1).
Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., Haeruman, L. D., Sianipar, L. K., Sanjaya, L. A., & Fidhyallah, N. F. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Ridhowati, S. (2020). Potensi Penghambatan Sel Kanker Dan Keamanan Tepung Teripang Gama (Stichopus Variegatus) Sebagai Bahan Pangan Fungsional. IPB (Bogor Agricultural University).
Sarwa, S. S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah dan Solusi. Penerbit Adab. Ulia, N. (2016). Peningkatan pemahaman konsep matematika materi bangun datar dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pendekatan saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.
Wibowo, H. (2017). Praktik Bekerja Bersama Kelompok Untuk Penguatan Program Pelatihan Dan Pengembangan. Share: Social Work Journal, 7(1), 102–108.
Wibowo, Y., Widowati, A., & Rusmawati, K. (2013). Peningkatan kreatifitas dan kemampuan kognitif siswa melalui outdoor learning activity. Bioedukasi, 6(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rif’ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.