Project Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Kerajinan Bahan Limbah Keras
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i4.671Keywords:
pembelajaran berbasis proyek (project based learning), aktivitas; hasil belajar, kerajinan bahan limbah kerasAbstract
Model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning), dengan langkah-langkah: 1) menentukan proyek, 2) menentukan langkah-langkah penyelesaian proyek, 3) melaksanaan proyek; 4) menyelesaikan proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru; 5) publikasi hasil proyek; dan 6) Evaluasi proses dan hasil proyek. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai berikut: 1) Menerapkan pembelajaran berbasis proyek (project based learning); 2) meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran materi kerajinan bahan limbah keras membuat bunga mawar dari botol plastik; dan 3) meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran berbasis proyek (project based learning) materi kerajinan bahan limbah keras membuat bunga mawar dari botol plastik peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 3 Demak tahun pelajaran 2022-2023. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap dengan cara mengamati peserta didik selama pembelajaran, penilaian pengetahuan dengan memberikan tes tertulis dan penilaian keterampilan dengan praktek yang dilakukan dalam pembelajaran. Hasil Penelitian pada siklus I aktivitas peserta didik dari 82,73% naik pada siklus II menjadi 92,05%, naik 9,32%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, peserta didik yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 peserta didik atau 63,33% sedangkan pada siklus II naik menjadi 26 peserta didik atau 86,67%, mengalami peningkatan sebesar 23, 34%.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Maryatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.