Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Bahasa Indonesia tenteng Percakapan Alat Komunkasi Sederhana melalui Metode Pemberia Tugas
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i4.673Keywords:
peningkatan prestasi, percakapan alat komunikai, pemberian tugasAbstract
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang percakapan lewat telepon atau alat komunikasi sederhana. Metode tugas pada siswa kelas III semester I SDN Pondok Kacang Timur 03 Kecamatan Pondok Aren Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini terdiri atas kondisi awal atau sebelum perbaikan dan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, siklus II, dan siklus III. kesimpulan bahwa rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi, yaitu penggunaan metode kurang tepat, penjelasan guru terlalu cepat, kurangnya perhatian siswa pada proses pembelajaran, media pembelajaran kurang sesuai, guru kurang memberikan latihan-latihan, dan otivasi belajar siswa kurang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tien Kartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.