Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Bahasa Indonesia tenteng Percakapan Alat Komunkasi Sederhana melalui Metode Pemberia Tugas

Authors

  • Tien Kartini Sekolah Dasar Negeri Jurang Mangu Timur 02

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i4.673

Keywords:

peningkatan prestasi, percakapan alat komunikai, pemberian tugas

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang percakapan lewat telepon atau alat komunikasi sederhana. Metode tugas pada siswa kelas III semester I SDN Pondok Kacang Timur 03  Kecamatan Pondok Aren Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini terdiri atas kondisi awal atau sebelum perbaikan dan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, siklus II, dan siklus III. kesimpulan bahwa rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi, yaitu penggunaan metode kurang tepat, penjelasan guru terlalu cepat, kurangnya perhatian siswa pada proses pembelajaran, media pembelajaran kurang sesuai, guru kurang memberikan latihan-latihan, dan otivasi belajar siswa kurang.

 

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Kartini, T. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Bahasa Indonesia tenteng Percakapan Alat Komunkasi Sederhana melalui Metode Pemberia Tugas. Jurnal Sosial Teknologi, 3(4), 267–277. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i4.673