Permainan Petualangan Avengers pada Pembelajaran Sistem Koordinat
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i4.686Keywords:
petualangan avengers, sistem koordinat, games, learn bermain, belajarAbstract
Laporan karya inovasi pembelajaran ini bertujuan: 1) menjelaskan apa itu permainan petualangan Avengers dan langkah-langkah permainannya; dan 2) permainan Petualangan Avengers dapat memberikan pemahaman peserta didik kelas VIII H pada materi Sistem Koordinat. Games and Learn (bermain dan belajar) adalah salah satu metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran ini. Pembelajaran yang berfokus pada keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan masalah mereka melalui permainan yang menarik. Permainan ini dinamakan “Petualangan Avengers”; permainan dengan menggunakan alat yang terdiri dari: 1) papan bidang koordinat; 2) tokoh-tokoh Avengers sebagai pemainnya; 3) dua dadu warna; 4) kartu jawaban dan 5) tabel kendali pemain. Langkah-langkah pembelajaran Games and Learn yang diterapkan adalah: 1) penyajian kelas; 2) bekerja dalam kelompok; 3) permainan; 4) Evaluasi dan 5) kesimpulan. Permainan Petualangan Avengers dilakukan di kelas VIII H SMP Negeri 3 Demak; dengan 32 peserta didik yang heterogen; 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Simpulan karya inovasi ini adalah 1) langkah-langkah bermain Petualangan Avengers adalah menyiapkan media permainan; menyepakati tokoh-tokoh yang digunakan; pemain melemparkan dadu untuk mendapatkan titik koordinat; melangkah sesuai dengan titik koordinat; menuliskan langkah yang dilakukannya dalam kartu jawaban; dan menempelkannya dalam tabel kendali; dan 2) dengan bermain petualangan Avengers; peserta didik kelas VIII H dapat memahami materi Sistem Koordinat terutama pada sub materi posisi titik terhadap titik pusat dan posisi titik terhadap titik lain. Hasil penelitian didapat 98% peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran dan 100% peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM 73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khusnul Khotimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.