Spontaneous Recovere

Authors

  • Fikri Firmansyah Institut Agama Islam Negeri, Syaikh Abdurrahman Siddik, Bangka Belitung, Indonesia
  • Sapfran Guyana Institut Agama Islam Negeri, Syaikh Abdurrahman Siddik, Bangka Belitung, Indonesia
  • Fatma Sylvana Dewi Harahap Institut Agama Islam Negeri, Syaikh Abdurrahman Siddik, Bangka Belitung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.777

Keywords:

Spontaneous; Recovery; prilaku

Abstract

Spontaneous recovery yaitu munculnya kembali tingkah laku tertentu setelah beberapa waktu tidak muncul. Spontaneous recovery cenderung mengalami perilaku terjadi lagi di dalam situasi yang serupa dengan situasi dimana extinction belum terjadi. Karakteristik ekstingsi adalah perilaku mungkin terjadi lagi setelah tidak terjadi selama beberapa waktu dan disebut spontaneus recovery. Spontaneus recovery mungkin terjadi lagi dalam situasi yang hampir mirip/sama dan mendapat penguatan sebelum ekstingsi. Hasil dari observasi dan wawancara dapat disimpulkan jika semua manusia dapat berubah kapan pun jika ada pendamping dan pengarahan dari orang lain.

References

Aden, R. (2016). Serba-serbi pendidikan anak.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Farihah, I. U., & Aflahani, A. P. E. (2021). Pengaruh Modifikasi Perilaku Penghapusan (Extinction) Pada Perilaku Membanting Pintu & Melempar Barang Saat Marah Pada Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL LENTERA ANAK, 2(02).

Mahmudah, S. (2010). Psikologi sosial: Sebuah pengantar. UIN-Maliki Press.

Muhaimin, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Nurjan, S. (2016). Psikologi belajar. Wade Group.

Ramayulis, H. (2019). Psikologi agama.

Sa’idah, I. (2019). Teori dan Teknik Konseling. IAIN Madura Press.

Sarwono, S. W. (2017). Pengantar Psikologi Sosial. In Psikologi sosial (pp. 1–28). Salemba Humanika.

Shihab, M. Q. (2020). al-Quran dan Maknanya. Lentera Hati.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi pendidikan.

Suyono, H. (2011). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsu Yusuf, L. N., & Wildani, M. D. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkembangan: Suatu Pendekatan Komprehensif.

Thoha, C., Zuhri, S., & Yahya, S. (2004). Metodologi pengajaran agama. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Wahyuni, E. N., & Safa, A. (2015). Teori belajar dan pembelajaran/Baharuddin.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Firmansyah, F., Guyana, S. ., & Sylvana Dewi Harahap, F. . (2023). Spontaneous Recovere. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 456–460. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.777