Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pemberdayaan Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Authors

  • Nur Baehaqi Syamsu Universitas Terbuka Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.788

Keywords:

emberdayaan, taraf hidup, Anggota Koperasi

Abstract

Koperasi merupakan sebuah lembaga keuangan yang menggambarkan nilai demokrasi di Indonesia. Semangat kebersamaan, gotong royong serta tolong menolong menjadikannya sebagai lembaga pemberdayaan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kecil dan menengah. Perkembangan masalah ekonomi dan sosial yang di hadapi oleh masyarakat merupakan tugas semua elemen masyarakat untuk menyelesaikannya, terlebih orang-orang yang memiliki kuasa dan kekuatan secara ekonomi. Masalah ini harus diselesaikan dengan budaya tolong menolong, yaitu orang yang kuat menolong orang yang lemah melalui pemberdayaan secara ekonomi, sehingga masyarakat yang lain menjadi mandiri, baik secara pikiran maupun skill, lalu merubah kondisi mereka sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini untuk membahas tentang peran koperasi konsumen serba usaha syari’ah (KKSUS) Gumi Paer Lombok sebagai lembaga pemberdayaan masayarakat, khususnya yang telah terdaftar sebagai anggota koperasi. Apakah ada perebedaan secara ekonomi sebelum dan setelah menjadi bagian dari KKSUS Gumi Paer Lombok. Dalam penelitian ini menggunakan 8 informan, yaitu tiga pengurus koperasi, 3 dari anggota dan dua orang yang belum menjadi anggota. Sedangkan teknik pengambilan data dari penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan oleh KKSUS Gumi Paer Lombok mampu merubah kondisi masyarakat khsususnya anggota dari kesusahan menjadi lebih mudah dan menguntungkan

References

Abdad, M. Z. (2003). Lembaga perekonomian umat di dunia Islam.

Angkasa. Abdillah, L. A., Sufyati, H. S., Muniarty, P., Nanda, I., Retnandari, S. D., Wulandari, W., Prasetyo, A. H., Sinambela, S., Mansur, M., & Aulia, T. Z. (2021). Metode penelitian dan analisis data comprehensive (Vol. 1). Penerbit Insania.

Amri, K., Mase, L. Z., & Putra, A. M. (2023). Analysis of Sedimentation Rate in the Air Sambat River, Kaur District Using the Meyer Peter Muller and Van Rijn Methods. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(2), 151–164.

Andriana, D. (2016). Pengaruh Pembiayaan Lembaga Keuangan Mikro Syariah terhadap Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Kasus Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT AL-FATH IKMI, Ciputat, Kota Tangerang Selatan).

Angkat, R. A., & Yanti, N. (2023). The Effect of Product and Service Quality on Customer Satisfaction Loyalty Priority Savings Bank Sumut Syariah. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 245–252.

Basrowi, H. M. (n.d.). Suwandi.(2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.

Gunawan, I. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01).

Muslim, M. A., Wati, V. W., Hadiyani, B., Astuti, R. W., & Dewi, H. M. (2023). Peran Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Al-Hasan Mitra Ummat Lenek Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 3(1), 1–9.

Rida, A. Y. U. A. (2023). Analisis Penerapan Ekonomi Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Umkm Kuliner Di Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung). Uin Raden Intan Lampung.

Saefulloh, E., & Asih, D. I. N. (2018). Peran koperasi dalam mewujudkan pembangunan ekonomi kerakyatan. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 200–210.

Sofiana, T. (2014). Konstruksi Norma Hukum Koperasi Syariah Dalam Kerangka Sistem Hukum Koperasi Nasional. Jurnal Hukum Islam, 12(2).

sugiyono. (2019). metode penelitihan pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian pendidikan) (apri nurya).

Sya’roni, S. (2021). Implementasi manajemen koperasi serba usaha (ksu) Rahmat Syariah. Institut Agama Islam Tribakti.

Syamsiyah, N., Syahrir, A. M., & Susanto, I. (2019). Peran Koperasi Syariah Baitul Tamwil Muhammadiyah Terhadap Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah di Bandar Lampung. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(01), 63–73.

Widianti, R. (2015). Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (Kur) Dalam Memberdayakan Ukm Di Desa Banyusari Kecamatan Malausma (Studi Kasus Pada Bri Unit Malausma). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Baehaqi Syamsu, N. (2023). Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pemberdayaan Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 461–468. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.788