Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan Front Office Departemen Di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City

Authors

  • Yehezkiel Yehezkiel Universitas Bunda Mulia, Tangerang, Indonesia
  • Roozana Maria Ritonga Universitas Bunda Mulia, Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i7.860

Abstract

Perkembangan pariwisata di Indonesia seiring berjalannya waktu mengalami peningkatan yang signifikan baik dalam segi kunjungan dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini didukung dengan peningkatan akomodasi pariwisata salah satunya yaitu perhotelan. Pada daerah DKI Jakarta sendiri, tingkat pertumbuhan usaha perhotelan berjumlah 402 hotel pada tahun 2022. Jakarta Selatan merupakan daerah dengan posisi kedua yang memiliki jumlah hotel terbanyak di Jakarta, yang dimana pada posisi pertama sendiri diposisikan oleh Jakarta Pusat. Secara garis besar pertumbuhan hotel di Jakarta sendiri lebih banyak diisi oleh hotel berbintang. Satu dari beberapa hotel bintang lima yang terletak di Jakarta Selatan yaitu Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Didalam sebuah hotel terdapat beberapa departemen, salah satunya Front Office Departement. Departemen ini menjadi salah satu departemen yang perannya sangat penting di sebuah hotel, karena departemen ini menjadi gerbang terdepan dan menjadi jantung hotel yang menghubungkan semua departemen. Maka karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemimpin dan bawahannya. Salah satu faktor pendorong untuk membuat pegawai melakukan pekerjaan dengan maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan adalah motivasi dan terpenuhinya kepuasan kerja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah motivasi kerja, mempunyai pengaruh terhadap kepuasan karyawan front office departemen di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form kepada 56 responden, setalah itu data diolah menggunakan applikasi SPSS versi 26. Pada penelitian ini terdapat beberapa metode yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji t, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari uji t motivasi kerja secara signifikan memiliki pengaruh kepada kepuasan karyawan front office departemen di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Dan pada uji koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa variabel motivasi kerja memiliki kemampuan sebesar 20,5% untuk mempengaruhi variabel kepuasan karyawan, sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel dalam penelitian ini

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Yehezkiel, Y., & Maria Ritonga, R. . (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan Front Office Departemen Di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Jurnal Sosial Teknologi, 3(7), 567–574. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i7.860