Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Karyawan Front Office Departemen Di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i7.860Abstract
Perkembangan pariwisata di Indonesia seiring berjalannya waktu mengalami peningkatan yang signifikan baik dalam segi kunjungan dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini didukung dengan peningkatan akomodasi pariwisata salah satunya yaitu perhotelan. Pada daerah DKI Jakarta sendiri, tingkat pertumbuhan usaha perhotelan berjumlah 402 hotel pada tahun 2022. Jakarta Selatan merupakan daerah dengan posisi kedua yang memiliki jumlah hotel terbanyak di Jakarta, yang dimana pada posisi pertama sendiri diposisikan oleh Jakarta Pusat. Secara garis besar pertumbuhan hotel di Jakarta sendiri lebih banyak diisi oleh hotel berbintang. Satu dari beberapa hotel bintang lima yang terletak di Jakarta Selatan yaitu Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Didalam sebuah hotel terdapat beberapa departemen, salah satunya Front Office Departement. Departemen ini menjadi salah satu departemen yang perannya sangat penting di sebuah hotel, karena departemen ini menjadi gerbang terdepan dan menjadi jantung hotel yang menghubungkan semua departemen. Maka karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemimpin dan bawahannya. Salah satu faktor pendorong untuk membuat pegawai melakukan pekerjaan dengan maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan adalah motivasi dan terpenuhinya kepuasan kerja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah motivasi kerja, mempunyai pengaruh terhadap kepuasan karyawan front office departemen di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form kepada 56 responden, setalah itu data diolah menggunakan applikasi SPSS versi 26. Pada penelitian ini terdapat beberapa metode yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji t, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari uji t motivasi kerja secara signifikan memiliki pengaruh kepada kepuasan karyawan front office departemen di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Dan pada uji koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa variabel motivasi kerja memiliki kemampuan sebesar 20,5% untuk mempengaruhi variabel kepuasan karyawan, sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel dalam penelitian ini
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yehezkiel Yehezkiel, Roozana Maria Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.