Peran Guest Relation Terhadap Pertumbuhan Penjualan (Studi Kasus Bi Coffee Sarua Baru Ciputat)

Authors

  • Ramsey Othniel Universitas Bunda Mulia Serpong, Banten, Indonesia
  • Roozana Maria Ritonga Universitas Bunda Mulia Serpong, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i7.872

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Guest Relation Terhadap Pertumbuhan Penjualan (Studi Kasus Bi Coffee Sarua Baru Ciputat)”, dilakukan dengan tujuan untuk menemukan apakah Guest Relation berdampak secara signifikan bagi Bi Coffee. Selain signifikansi dampak, penulis juga melibatkan 3 faktor yang diyakini terdapat dalam Guest Relation tersebut. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah faktor manfaat finansial, faktor manfaat sosial, dan faktor manfaat ikatan struktural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis mendatangi Bi Coffee untuk melakukan pengamatan secara periodik atau durasi yang telah ditentukan. Kemudian melakukan wawancara mendalam dengan narasumber-narasumber yang telah ditentukan pula. Bagian akhir penelitian akan terdapat lampiran yang menampilkan dokumentasi penulis terhadap subjek penelitian selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya dampak yang signifikan dari Guest Relation terhadap pertumbuhan penjualan di Bi Coffee. Hal ini diakui oleh kedua orang yang termasuk dalam pihak manajemen Bi Coffee yakni bapak Syauqi Ardiansyah selaku Operational Manager dan Ibu Everlyn selaku Social Media Specialist di Bi Coffee. Mereka menyatakan bahwa Guest Relation terbukti memberikan peran dan atau dampak secara nyata bagi penjualan mereka. Dampak yang diberikan oleh karena mengelola Guest Relation dengan baik adalah memberikan pertumbuhan penjualan. Faktor-faktor yang telah disebutkan seperti faktor manfaat finansial, faktor manfaat sosial, dan faktor manfaat ikatan struktural juga berperang penting. Setiap faktor ditemukan memiliki peran unik masing-masing di setiap sisi yang relevan. Misalnya, pemotongan harga pada manfaat finansial, pride tersendiri saat disebut dalam unggahan, dan rasa dihargai oleh karena perlakuan khusus yang diberikan. Kesimpulan penelitian adalah ditemukannya positivitas terhadap signifikansi peran Guest Relation terhadap pertumbuhan penjualan Bi Coffee. Ketiga faktor seperti manfaat finansial, manfaat sosial, dan ikatan struktural juga dapat dirasakan oleh para pengunjung setia Bi Coffee. Penulis ingin memberikan saran bagi Bi Coffee untuk terus memelihara Guest Relation yang telah tercipta serta menambahkan personel khusus untuk Guest Relation

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Othniel, R., & Maria Ritonga, R. . (2023). Peran Guest Relation Terhadap Pertumbuhan Penjualan (Studi Kasus Bi Coffee Sarua Baru Ciputat). Jurnal Sosial Teknologi, 3(7), 593–599. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i7.872