Peran Guest Relation Terhadap Pertumbuhan Penjualan (Studi Kasus Bi Coffee Sarua Baru Ciputat)
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i7.872Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Guest Relation Terhadap Pertumbuhan Penjualan (Studi Kasus Bi Coffee Sarua Baru Ciputat)”, dilakukan dengan tujuan untuk menemukan apakah Guest Relation berdampak secara signifikan bagi Bi Coffee. Selain signifikansi dampak, penulis juga melibatkan 3 faktor yang diyakini terdapat dalam Guest Relation tersebut. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah faktor manfaat finansial, faktor manfaat sosial, dan faktor manfaat ikatan struktural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis mendatangi Bi Coffee untuk melakukan pengamatan secara periodik atau durasi yang telah ditentukan. Kemudian melakukan wawancara mendalam dengan narasumber-narasumber yang telah ditentukan pula. Bagian akhir penelitian akan terdapat lampiran yang menampilkan dokumentasi penulis terhadap subjek penelitian selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya dampak yang signifikan dari Guest Relation terhadap pertumbuhan penjualan di Bi Coffee. Hal ini diakui oleh kedua orang yang termasuk dalam pihak manajemen Bi Coffee yakni bapak Syauqi Ardiansyah selaku Operational Manager dan Ibu Everlyn selaku Social Media Specialist di Bi Coffee. Mereka menyatakan bahwa Guest Relation terbukti memberikan peran dan atau dampak secara nyata bagi penjualan mereka. Dampak yang diberikan oleh karena mengelola Guest Relation dengan baik adalah memberikan pertumbuhan penjualan. Faktor-faktor yang telah disebutkan seperti faktor manfaat finansial, faktor manfaat sosial, dan faktor manfaat ikatan struktural juga berperang penting. Setiap faktor ditemukan memiliki peran unik masing-masing di setiap sisi yang relevan. Misalnya, pemotongan harga pada manfaat finansial, pride tersendiri saat disebut dalam unggahan, dan rasa dihargai oleh karena perlakuan khusus yang diberikan. Kesimpulan penelitian adalah ditemukannya positivitas terhadap signifikansi peran Guest Relation terhadap pertumbuhan penjualan Bi Coffee. Ketiga faktor seperti manfaat finansial, manfaat sosial, dan ikatan struktural juga dapat dirasakan oleh para pengunjung setia Bi Coffee. Penulis ingin memberikan saran bagi Bi Coffee untuk terus memelihara Guest Relation yang telah tercipta serta menambahkan personel khusus untuk Guest Relation
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ramsey Othniel, Roozana Maria Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.