Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i8.909Keywords:
promosi, harga, impulse buyingAbstract
Impulse buying yang dilakukan oleh konsumen tentunya tidak terlepas dari faktor promosi dan harga produk yang ditawarkan oleh perusahaan retail. Promosi dan harga tentunya juga memiliki peran yang amat penting untuk membuat konsumen melakukan Impulse buying (pembelian tidak terencana). Promosi pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru, mempengaruhi pelanggan untuk mencoba produk baru, mendorong pelanggan lebih banyak, menyerang aktivitas promosi pesaing, meningkatkan impulse buying atau mengupayakan kerjasama yang lebih erat dengan reseller. Tujuan perusahaan dalam menerapkan strategi pemasarannya khususnya promosi dan harga terhadap produk yang ditawarkan bertujuan untuk meningkatkan kuantitas penjualan serta menciptakan suatu transaksi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang bersifat kausal atau sebab akibat, dan termasuk ke dalam penelitian penjelasan yang bersifat deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 75 orang atau responden yang merupakan konsumen yang ditemui selama observasi berlangsung di Super Indo Plaza Araya Kota Malang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Accidental Sampling dan termasuk ke dalam kategori Probability Sampling, dikarenakan jumlah populasi konsumen di Super Indo Plaza Araya Kota Malang yang tak terbatas. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu telah terbukti adanya pengaruh yang signifikan pada variabel Promosi (X1) dan Harga (X2) Terhadap Impulse Buying (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Tingkat Promosi di Super Indo Plaza Araya Kota Malang sebesar 52,6% dipengaruhi oleh Stress Kerja dan Motivasi Kerja, sedangkan sisanya sebesar 47,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak diteliti dalam penelitian ini
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ike Ratnasari, Peni Indarwati, Suhartatik Suhartatik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.