Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying

Authors

  • Ike Ratnasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang, Indonesia
  • Peni Indarwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang, Indonesia
  • Suhartatik Suhartatik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i8.909

Keywords:

promosi, harga, impulse buying

Abstract

Impulse buying yang dilakukan oleh konsumen tentunya tidak terlepas dari faktor promosi dan harga produk yang ditawarkan oleh perusahaan retail. Promosi dan harga tentunya juga memiliki peran yang amat penting untuk membuat konsumen melakukan Impulse buying (pembelian tidak terencana). Promosi pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru, mempengaruhi pelanggan untuk mencoba produk baru, mendorong pelanggan lebih banyak, menyerang aktivitas promosi pesaing, meningkatkan impulse buying atau mengupayakan kerjasama yang lebih erat dengan reseller. Tujuan perusahaan dalam menerapkan strategi pemasarannya khususnya promosi dan harga terhadap produk yang ditawarkan bertujuan untuk meningkatkan kuantitas penjualan serta menciptakan suatu transaksi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang bersifat kausal atau sebab akibat, dan termasuk ke dalam penelitian penjelasan yang bersifat deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 75 orang atau responden yang merupakan konsumen yang ditemui selama observasi berlangsung di Super Indo Plaza Araya Kota Malang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Accidental Sampling dan termasuk ke dalam kategori Probability Sampling, dikarenakan jumlah populasi konsumen di Super Indo Plaza Araya Kota Malang yang tak terbatas. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu telah terbukti adanya pengaruh yang signifikan pada variabel Promosi (X1) dan Harga (X2) Terhadap Impulse Buying (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Tingkat Promosi di Super Indo Plaza Araya Kota Malang sebesar 52,6% dipengaruhi oleh Stress Kerja dan Motivasi Kerja, sedangkan sisanya sebesar 47,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak diteliti dalam penelitian ini

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Ratnasari, I., Indarwati, P., & Suhartatik, S. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 678–684. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i8.909