Analisis Anger Issues Terhadap Self Control Abilities Dalam Keterampilan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i9.919Keywords:
Anger Issues, Keterampilan sosial, Social Skills AbilitiesAbstract
Anger issues sebagai bagian dari isu Kesehatan mental saat ini sedang menjadi sorotan Masyarakat. Anger issues adalah sebuah permasalahan terkait emosi marah dimana individu memiliki kesulitan dalam mengontrol amarah dan kemudian diimplementasikan dalam bentuk ucapan atau perbuatan agresif. Anger issues berkaitan dengan self-control abilities sebagai bagian dari struktur dalam keterampilan sosial. Keterampilan sosial akan mempengaruhi berbagai hubungan, baik personal maupun interpersonal sehingga apabila masalah ini berlanjut akan menimbulkan efek domino terhadap bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai anger issues dan menjelaskan anger issues berkaitan dengan self-control abilities dan keterampilan sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa individu yang tidak memiliki anger issues cenderung memiliki self-control dan keterampilan sosial yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anger issues berhubungan dengan keterampilan sosial sehingga juga dapat memengaruhi keterampilan sosial individu.
References
Ahmad, H. (2021). HUBUNGAN KESTABILAN EMOSI DENGAN KONTROL DIRI SISWA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA. Jurnal Realita: Bimbingan Dan Konseling (JRbk)2021, 6(2).
Ahsani, E. L. F., & Azizah, N. R. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI TENGAH PANDEMI. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01).
Al Baqi, S. (2015). Ekspresi Emosi Marah. BULETIN PSIKOLOGI, 23(1), 22–30.
Duckworth, A. L., Taxer, J. L., Eskreis-Winkler, L., Galla, B. M., & Gross, J. J. (2019). Self-Control and Academic Achievement. Annu. Rev. Psychol, 70, 373–399. doi: 10.1146/annurev-psych-010418
Fujita, K., Carnevale, J. J., & Trope, Y. (2018). Understanding Self-Control as a Whole vs. Part Dynamic. Neuroethics, 11(3), 283–296. doi: 10.1007/s12152-016-9250-2
Gill, S. B. S. (2015). Emotional Intelligence In Relation To Emotional Maturity And Emotional Competence Of Secondary School Students. The Global Journal of Multidisciplinary Studies, 4(6).
Handasah, R. (2022). PENGARUH KEMATANGAN EMOSI TERHADAP AGRESIVITAS DIMEDIASI OLEH KONTROL DIRI PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA MALANG. Happiness Journal of Psychology and Islamic Science, 2(2), 121–133. doi: 10.30762/happiness.v2i2.345
Jurevičienė1, M., Kaffemanienė1, I., & Ruškus2, J. (2012). CONCEPT AND STRUCTURAL COMPONENTS OF SOCIAL SKILLS.
Linarwati, M., Fathoni, A., Minarsih, M. M., Jurusan, M., Fakultas, M., Dan, E., … Manajemen, J. (2016). STUDI DESKRIPTIF PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA SERTA PENGGUNAAN METODE BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW DALAM MEREKRUT KARYAWAN BARU DI BANK MEGA CABANG KUDUS. In Journal of Management (Vol. 2).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nadya Yasmine, A., & Kurniawan, A. (2021). Gambaran Anger Issues, Coping Stress, dan Risiko PTSD pada Taruna Marinir AAL Selama Dikko. BRPKM Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1), 985–1002. Retrieved from http://e-journal.unair.ac.id/index.php/BRPKM
Puspa, S., Rachman, D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1).
Rahmania, F. (2017). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN SKRIPSI. Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.
Simbolon, E. T. (2018). PENTINGNYA KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Christian Humaniora, 2(1).
Susanti, R., Husni, D., & Fitriyani, E. (2014). Perasaan Terluka Membuat Marah. In Jurnal Psikologi (Vol. 10).
Thomson, R. (1994). Social Skills in Interpersonal Communication. Blackwell Scientific Publications. doi: https://doi.org/10.1046/j.1365-2648.1994.20061176-3.x
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anisa Nurhalimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.