Rancang Bangun Sistem Informasi Perkembangan Tren Fashion di Kalangan Generasi Z Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i9.930Keywords:
Fashion Trends, Website, WaterfallAbstract
Fashion telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari setiap individu. Cara seseorang berpakaian yang mengikuti tren fashion memperlihatkan kepribadian dan idealisme seseorang. Maka dari itu fashion menjadi lifestyle atau gaya hidup seseorang. Dengan berkembangnya teknologi, pencarian mengenai informasi menjadi lebih mudah khususnya pada penggunaan aplikasi berbasis website. Hal ini menghadirkan inovasi baru berbagai aplikasi website. Salah satunya aplikasi tentang perkembangan tren fashion. Namun aplikasi yang ada masih perlu pengembangan agar masyarakat lebih tertarik dan memahami informasi tentang perkembangan tren fashion. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu user dalam mengenal informasi mengenai perkembangan tren fashion sebagai sarana informasi maupun rujukan ide yang bisa digunakan kapanmu dimanapun dengan mudah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan Waterfall dan dengan tahapan pemulaan sistem, analis sistem, perancangan sistem menggunakan UML dan implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, untuk pengolahan data menggunakan MYSQL, dan penerapan coding menggunakan framework CodeIgniter. Hasil penelitiannya diharapkan dapat digunakan masyarakat dalam mendapat informasi mengenai perkembangan tren fashion dimanapun kapanpun dengan mudah serta menarik bagi pengguna
Keywords: Fashion Trends, Website, Waterfall
References
Arsita, N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125–131.
Bananudin, & Rosalina, V. (2021). Sistem Pakar Menentukan Fashion Style Berdasarkan Kriteria Fisik Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 8(1), 1–9.
Dan, G. Z., Dipersepsikan, N. Y., & Orangtuanya, D. (2022). Generasi z dan nilai-nilai yang dipersepsikan dari orangtuanya. 4(1), 84–95.
Faizal, M., Abdillah, M. F., Setiadi, W., Octavia, D., Suhendari, W., Soewardikoen, D. W., Kreatif, F. I., & Telkom, U. (2018). PENGGUNAAN WEBSITE PORTAL BERITA SEBAGAI MEDIA INFORMASI UNTUK MAHASISWA. 2(1), 34–42.
Ismai. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.
Izzati, F., Firamadhina, R., & Krisnani, H. (2016). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK : TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. 0042, 199–208.
Kadek, N., & Diantari, Y. (2021). Fast Fashion Sebagai Lifestyle Generasi Z di Denpasar ( Fast Fashion as a Generation Z Lifestyle in Denpasar ). Jurnal Lifestyle, 1, 1–7.
Mansur, A., & Ridwan, R. (2022). Karakteristik Siswa Generasi Z dan Kebutuhan Akan Pengembangan Bidang Bimbingan dan Konseling. Educatio, 17(1), 120–130.
Pichler, S., Kohli, C., & Granitz, N. (2021). DITTO for Gen Z: A framework for leveraging the uniqueness of the new generation. Business Horizons, 64(5), 599–610.
Priskila, R., Sari, N. N. K., & Arief, M. R. (2022). Aplikasi Portal Berita Berbasis Website (Studi Kasus: Lintasberita1.Com). Journal of Information Technology and Computer Science, 2(3), 199–208.
Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43.
Sakitri, G. (2021). Selamat Datang Gen Z , Sang Penggerak Inovasi. Forum Manajemen Prasetiya Mulya, 35(2), 1–10.
Shadrina, A. N., Fathoni, M. A., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Trendfashion, Gaya Hidup, Dan Brand Image Terhadap Preferensi Fashion Hijab. Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 48–71.
Sissoko, O. A. A., & Prasetyawati, H. (2022). Kebutuhan Gaya Hidup Generasi Z Terhadap Perilaku Narsis di Instagram. Matriks Jurnal Sosial Sains, 4(1), 31–40.
Tyaswara, B., Rizkina Taufik, R., Suhadi, M., Danyati, R., & Bahasa Asing BSI Jakarta, A. (2017). Pemaknaan Terhadap Fashion Style Remaja di Bandung. Jurnal Komunikasi, 3(September), 2579–3292.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agung Saputra, Muhammad Feizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.