Internalisasi Nilai-Nilai Modersi Beragama Melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama)

Authors

  • Iwan Sanusi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ajid Thohir Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mahrus As’ad Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.972

Keywords:

Internalisasi, Nilai, Metagama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas keragaman agama, ras, etnis, dan golongan lainnya pada mahasiswa Polban. Apabila tidak dikelola dapat menimbulkan konflik dan disintegrasi. Sebagaimana fenomena dewasa ini terjadinya bullying, tawuran, bahkan sampai menghilangkan nyawa orang lain. Hal tersebut dampak dari kurang bahkan tidak adanya sikap toleransi dan moderasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa sikap moderasi beragama mahasiswa dapat dibentuk oleh kegiatan Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan, reduksi, verifikasi, penarikan simpulan, serta penyajian data. Hasil penelitian menujukkan bahwa proses pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama diwujudkan melalui transformasi, transaksi, dan transinternalisasi nilai pada Seleksi Calon Mentor, Sekolah Mentor, Grand Opening Metagama (GOM), Mentoring Gabungan (MenGab), Mentoring Mingguan, dan Grand Closing Metagama (GCM) hingga tercapai tujuan mahasiswa moderat dengan indikator berkomitmen kepada bangsa, toleransi, anti kekerasan dan radikalisme, serta akomodatif terhadap kebudayaan lokal

References

Aksa, A., & Nurhayati, N. (2020). Moderasi Beragama Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal Pada Masyarakat Donggo Di Bima (Tinjauan Sosio-Historis). Harmoni, 19(2), 338–352.

Al-Bukhari, M. (1978). Sahih Al-Bukhari. Dar Ul-Hadith.

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2011). Sikap Dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Pustaka Belajar.

Baedowi, A. (2015). Potret Pendidikan Kita. Pustaka Alvabet.

Dianawati, E. P. (2022). Metode “Ujian Lisan Dan Cerdas Cermat” Untuk Memotivasi Keseimbangan Hard Skills Dan Soft Skills Siswa Smk. Jurnal Ilmiah Wuny, 3(2).

Diksy, Y., Rahmawati, I., Jiwanti, P. K., & Ivandini, T. A. (2020). Nano-Cu Modified Cu And Nano-Cu Modified Graphite Electrodes For Chemical Oxygen Demand Sensors. Analytical Sciences, 36(11), 1323–1327.

Effendy, Y. (2012). Sabar & Syukur: Rahasia Meraih Hidup Supersukses. Qultummedia.

Fauzi, S. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Karakter Religius Di Mts Negeri 1 Kulon Progo. Universitas Islam Indonesia.

Furqon, M. A., & Rizal, Z. (2019). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Aktiva: Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 4(1), 90–113.

Handoko, R., & Intan, B. F. (2022). Relasi Manusia Dengan Alam: Kritik Terhadap Pandangan Sallie Mcfague Mengenai Tubuh Allah. Verbum Christi Jurnal Teologi Reformed Injili, 9(1), 49–66.

Hasim, H., Istadiyantha, I., Ridho, M. R., & Mujahidin, M. F. (2020). Pendidikan Anti Kekerasan Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) Sma Negeri 1 Karanganom. Prosiding Seminar Nasional Membangun Desa-Uns, 2(2).

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22.

Herdiana, D. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian Dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3), 13–26.

Islamy, A. (2022). Moderasi Beragama Dalam Ideologi Pancasila. Poros Onim: Jurnal Sosial Keagamaan, 3(1), 18–30.

Jaenudin, U., & Tahrir, T. (2019). Studi Religiusitas, Budaya Sunda, Dan Perilaku Moral Pada Masyarakat Kabupaten Bandung. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 2(1), 1–8.

Jumala, N. J. N., & Abubakar, A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami Dalam Kegiatan Pendidikan. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 160–173.

Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182–186.

Kemenag. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah. Kemenag Ri, 1–28.

Lathifah, Z. K., & Rusli, R. K. (2019). Pembiasaan Spiritual Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Tadbir Muwahhid, 3(1), 14–26.

Lestari, A. D., Putri, R. H., & Yunitasari, E. (2020). Hipertensi Pada Ibu Menopause ; Sebuah Tinjaun Literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 309–313.

Ma’mun. (2020). Konstruksi Instrumen Penilaian Baca Tulis Quran (Btq) Di Iain Pekalongan.

Martin, J. K., & Ahmad, T. (1986). Heat-Release Characteristics Of An Open-Chamber Diesel Engine Employing A Wall-Wetting Combustion System. Sae Transactions, 1008–1017.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya.

Mukhlis, F. H. (2016). Teologi Pancasila: Teologi Kerukunan Umat Beragama. Fikrah, 4(2), 171–186.

Mulyana, A., & Waluyo, I. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru Dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(8).

Mustoto, M. (2019). Dakwah Multikultural (Metode Dakwah Nabi Muhammad Kepada Non Muslim). Mau’idhoh Hasanah, 1(1), 61–78.

Nasution, A. B. (2010). Demokrasi Konstitusional: Pikiran & Gagasan. Pt Gramedia Pustaka Utama.

Noor, I. A. (2021). Penggunaan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Sungai Loban. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Ppgai), 1(1), 397–409.

Nurish, A. (2019). Dari Fanatisme Ke Ekstremisme: Ilusi, Kecemasan, Dan Tindakan Kekerasan. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 31–40.

Purwanto, Y., Qowaid, Q., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124.

Putri, A. M. (2021). Fenomena Buka Tutup Jilbab Di Kalangan Remaja: Studi Konstruksi Sosial Siswi Sma Negeri 2 Ponorogo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Putri, O. A., Warsah, I., & Karolina, A. (2022). Pendidikan Tauhid Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah. Iain Curup.

Rohman, A. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Publik.

Saepuloh, M. I. (2020). Penerapan Metode Reward And Punishment Dalam Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Peserta Didik. Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

Sari, S. P., & Yustiana, Y. R. (2022). Bimbingan Dan Konseling Bermain Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Untuk Mengembangkan Resiliensi Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 113–120.

Smith, N. W. S. (2021). Colonial Chaos In The Southern Red Sea. Cambridge University Press.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.

Susanti, W., Kom, M., Mulya, R., Kom, M., Simeru, A., Kom, M., Hidayati, P. I., Pi, S., As’ad Syamsul Arifin, M. P., & Fitrian, A. (2022). Bunga Rampai Inovasi Pembelajaran Di Abad 21. Penerbit Lakeisha.

Syahril Iskandar, M. (2020). Metode Deskriptif.

Warsah, I. (2020). Pendidikan Islam Dalam Keluarga: Studi Psikologis Dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali. Tunas Gemilang Press.

Wijayanto, M. (2009). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dan Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2008/20. Uns (Sebelas Maret University).

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Sanusi, I., Ruswandi, U. ., Thohir, A. ., & As’ad, M. . (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Modersi Beragama Melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 880–897. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.972