Gaya Kepemimpinan Transformasional Untuk Pengembangan Pendidikan Karakter

Authors

  • Dika Yanuar Patra Komala Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.980

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Transformasional, Pendidikan Karakter

Abstract

Kepemimpinan dapat dikatakan efektif apabila gaya yang diterapkan dalam kepemimpinannya tersebut tidak hanya berorientasi pada tugas, tetapi juga cara yang digunakan dalam mempengaruhi bawahan. Dan seorang pemimpin disebut transformasional terutama diukur dalam hubungannya dengan efek pemimpin tersebut terhadap para pengikutnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Gaya Kepemimpinan Transformasional “ Idealized influence   (pengaruh ideal), Inspirational Motivation (Motivasi Inspirasional), Intelectual Stimulation (Stimulasi Intelektual) dan Indivisualized Consideration (Pertimbangan Individu)” untuk Pengembangan Pendidikan Karakter (religius dan disiplin) di MI AL HUDA Mangli. (2) Dampak penerapan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah tersebut di MI AL HUDA Mangli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif di gunakan untuk menggambarkan bagaimana Gaya Kepemimpinan Transformasional di MI AL HUDA Mangli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa: (1) Bahwa pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah ini sudah baik, hal ini ditandai dengan kepala sekolah dapat menjadi teladan bagi para guru dan karyawan. (2) Dalam menjalin komunikasi kepada guru, kepala sekolah sudah berkomunikasi dengan baik dan selalu menjalin keharmonisan dengan guru dan karyawan. (3) Pembiasaan pendidikan karakter berbasis islami yang di transformasikan berjalan dengan baik dan sesuai tujuan

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Yanuar Patra Komala, D. (2023). Gaya Kepemimpinan Transformasional Untuk Pengembangan Pendidikan Karakter . Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 905–910. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.980