Gaya Kepemimpinan Transformasional Untuk Pengembangan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.980Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Transformasional, Pendidikan KarakterAbstract
Kepemimpinan dapat dikatakan efektif apabila gaya yang diterapkan dalam kepemimpinannya tersebut tidak hanya berorientasi pada tugas, tetapi juga cara yang digunakan dalam mempengaruhi bawahan. Dan seorang pemimpin disebut transformasional terutama diukur dalam hubungannya dengan efek pemimpin tersebut terhadap para pengikutnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Gaya Kepemimpinan Transformasional “ Idealized influence (pengaruh ideal), Inspirational Motivation (Motivasi Inspirasional), Intelectual Stimulation (Stimulasi Intelektual) dan Indivisualized Consideration (Pertimbangan Individu)” untuk Pengembangan Pendidikan Karakter (religius dan disiplin) di MI AL HUDA Mangli. (2) Dampak penerapan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah tersebut di MI AL HUDA Mangli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif di gunakan untuk menggambarkan bagaimana Gaya Kepemimpinan Transformasional di MI AL HUDA Mangli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Bahwa pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah ini sudah baik, hal ini ditandai dengan kepala sekolah dapat menjadi teladan bagi para guru dan karyawan. (2) Dalam menjalin komunikasi kepada guru, kepala sekolah sudah berkomunikasi dengan baik dan selalu menjalin keharmonisan dengan guru dan karyawan. (3) Pembiasaan pendidikan karakter berbasis islami yang di transformasikan berjalan dengan baik dan sesuai tujuan
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dika Yanuar Patra Komala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.