Sistem Pendaftaran Layanan Internet Di Sekolah Menggunakan Framework Codeigniter 4
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i3.1038Keywords:
internet, pendaftaran layanan internet, sekolah digitalAbstract
Internet sudah menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk anak sekolah, artikel ini membahas tentang implementasi sistem registrasi layanan internet di sekolah dengan menggunakan Framework CodeIgniter 4. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mempermudah siswa dalam mengakses informasi pendidikan melalui internet. Dengan menggunakan teknologi CodeIgniter 4, aplikasi ini dirancang untuk memberikan akses yang cepat dan efisien untuk mendaftar sebuah layanan. Fokusnya adalah untuk memastikan siswa dapat dengan mudah mengakses sumber-sumber pendidikan yang tersedia di internet untuk mendukung perkembangan akademis mereka. Sekolah yang telah menerapkan sistem jaringan internet di lingkungannya memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja warga sekolah, dengan kata lain internet memudahkan siswa untuk mendapatkan wawasan baru dan pengalaman belajar yang baru pula. Dengan demikian, peningkatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi para siswa di era digital ini.
References
Analiya, Tri Rizky, and Ridwan Arifin. 2022. “Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Indonesia.” Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societes 3(1):125–44.
Andrianingsih, Rahmi, and Dea Mustika. 2022. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Kelas Rendah Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(6):6164–72. doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3388.
Anshori, Sodiq. 2017. “Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya 1(1).
Kurniawan, Muhammad Ragil, and Nurul Hidayati Rofiah. 2020. “Pola Penggunaan Internet Di Lingkungan Sekolah Dasar Se-Kota Yogyakarta.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 2(2):93–105. doi: 10.21093/sajie.v2i2.1930.
Lau, Kwok Hung, Tri Lam, Booi Hon Kam, Mathews Nkhoma, Joan Richardson, and Susan Thomas. 2018. “The Role of Textbook Learning Resources in E-Learning: A Taxonomic Study.” Computers & Education 118:10–24.
Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):94–100.
Muis, Andy, and Sri Pitra. 2021. “Peranan Internet Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI Di Sma Muhammadiyah Parepare.” Jurnal Al-Ibrah 10(1):189–222.
Özyurt, Özcan, Hacer Özyurt, and Adnan Baki. 2013. “Design and Development of an Innovative Individualized Adaptive and Intelligent E-Learning System for Teaching–Learning of Probability Unit: Details of UZWEBMAT.” Expert Systems with Applications 40(8):2914–40.
Purwanto, Purwanto, Kusrini Kusrini, and Roy Rudolf Huizen. 2017. “Manajemen Jaringan Internet Sekolah Menggunakan Router Mikrotik Dan Proxy Server.” Respati 11(32). doi: 10.35842/jtir.v11i32.117.
Rahman, Danial. 2021. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Informasi.” Jurnal Perpustakaan Dan Informasi 1(1):9–14.
Rosyidah, Aulia Nurul, and Ismeirita Ismeirita. 2023. “Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di Smpn 20 Bekasi).” Research and Development Journal of Education 9(1):34–44.
Rusito. 2021. Teknologi Internet, Dasar Internet, Internet of Things (IOT) Dan Bahasa HTML. Vol. 53.
Supriyanto. 2013. Jaringan Dasar Jaringan Dasar | I.
Tangkowit, Aprilyano Ekklesia, Verry Ronny Palilingan, and Olivia Eunike Selvie Liando. 2021. “ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1(1):69–82. doi: 10.53682/edutik.v1i1.1044.
Waluyo, Waluyo, and Sukatiman Sukatiman. 2021. “Peningkatan Minat Guru Pada Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas Berkarakter Pembelajaran Abad-21.” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13(2):359–80.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sosial Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.