Penerapan Penerapan Chat GPT dalam Pembelajaran Biologi

Penerapan Chat GPT dalam Pendidikan

Authors

  • Haidir Haidir IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Taufik Muhamad IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Roviati Roviati IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Evi Evi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
  • Deka Deka Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i3.1064

Keywords:

Penerapan Chat GPT dalam Pendidikan, AI Pendidikan, Pendidikan Biologi

Abstract

Chat GPT merupakan website berbasis Artifisial intelligensia atau dikenal sebagai AI di mana website ini merupakan website dengan berbasis chatbot yang akan memberikan solusi dalam semua persoalan yang diberikan kepada chatbot tersebut dengan model percakapan bersama dengan ai atau Artificial Intelegensia. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan Chat GPT dalam pembelajaran biologi. Metode yang dilakukan dalam penelitian yaitu melakukan metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur dan juga melakukan penyebaran angket yang berupa skala liker dan juga penjelasan secara deskriptif untuk menganalisis respon dari responden. Penelitian dilakukan di sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia. Populasi yang digunakan yaitu populasi dari kelas 12 Mia yang berjumlah 33 orang dengan mengambil sampel 10 orang. Yang kemudian hasil dari respon mengungkapkan bahwasanya penggunaan Chat GPT sangat membantu siswa dalam pembelajaran dan juga dapat mendorong motivasi siswa dalam pengerjaan persoalan maupun membangkitkan diskusi pada saat tugas kelompok maupun tugas individu kemudian dilihat dari hasil skala likert menunjukkan respon dari siswa hasilnya dengan kriteria yang kuat hal ini mengungkapkan bahwasanya adanya dampak dari penggunaan ataupun penerapan Chat GPT dalam pembelajaran Biologi

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Haidir, . H., Muhamad, T. ., Roviati, R., Evi, E., & Deka, D. (2024). Penerapan Penerapan Chat GPT dalam Pembelajaran Biologi: Penerapan Chat GPT dalam Pendidikan. Jurnal Sosial Teknologi, 4(3), 182–189. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i3.1064