Penerapan Penerapan Chat GPT dalam Pembelajaran Biologi
Penerapan Chat GPT dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i3.1064Keywords:
Penerapan Chat GPT dalam Pendidikan, AI Pendidikan, Pendidikan BiologiAbstract
Chat GPT merupakan website berbasis Artifisial intelligensia atau dikenal sebagai AI di mana website ini merupakan website dengan berbasis chatbot yang akan memberikan solusi dalam semua persoalan yang diberikan kepada chatbot tersebut dengan model percakapan bersama dengan ai atau Artificial Intelegensia. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan Chat GPT dalam pembelajaran biologi. Metode yang dilakukan dalam penelitian yaitu melakukan metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur dan juga melakukan penyebaran angket yang berupa skala liker dan juga penjelasan secara deskriptif untuk menganalisis respon dari responden. Penelitian dilakukan di sekolah Indonesia Kota Kinabalu Sabah Malaysia. Populasi yang digunakan yaitu populasi dari kelas 12 Mia yang berjumlah 33 orang dengan mengambil sampel 10 orang. Yang kemudian hasil dari respon mengungkapkan bahwasanya penggunaan Chat GPT sangat membantu siswa dalam pembelajaran dan juga dapat mendorong motivasi siswa dalam pengerjaan persoalan maupun membangkitkan diskusi pada saat tugas kelompok maupun tugas individu kemudian dilihat dari hasil skala likert menunjukkan respon dari siswa hasilnya dengan kriteria yang kuat hal ini mengungkapkan bahwasanya adanya dampak dari penggunaan ataupun penerapan Chat GPT dalam pembelajaran Biologi
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haidir Haidir, Taufik Muhamad, Roviati Roviati, Evi Evi, Deka Deka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.