Strategi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Pedagodik Guru di SMPN 2 Murung Kabupaten Murung Raya
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.113Keywords:
Supervisi akademik, pengawas sekolah, pedagogikAbstract
Pengawas sekolah sebagai salah satu pengembang pendidikan bertanggungjawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan strategi supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan pedagogik guru di SMPN 2 Murung, metode penelitian ini kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang mengumpulkan informasi mengenai subjek penelitian yang didapatkan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi supervisi akademik pengawas sekolah adalah melalui rancangan pembinaan, memberikan rasa aman dan nyaman kepada guru binaan, pembinaan guru mandiri, menguatkan karakter guru, membuat grup media sosial, menyediakan tempat dan waktu di luar sekolah. Dengan langkah-langkah ini pengawas lebih bisa maksimal dalam melakukan supervisi kepada guru binaan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Gunawan Abdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.