Strategi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Pedagodik Guru di SMPN 2 Murung Kabupaten Murung Raya

Authors

  • Gunawan Abdi IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.113

Keywords:

Supervisi akademik, pengawas sekolah, pedagogik

Abstract

Pengawas sekolah sebagai salah satu pengembang pendidikan bertanggungjawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan strategi supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan kemampuan pedagogik guru di SMPN 2 Murung, metode penelitian ini kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang mengumpulkan informasi mengenai subjek penelitian yang didapatkan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan  bahwa strategi supervisi akademik pengawas sekolah adalah melalui rancangan pembinaan, memberikan rasa aman dan nyaman kepada guru binaan, pembinaan guru mandiri, menguatkan karakter guru, membuat grup media sosial, menyediakan tempat dan waktu di luar sekolah. Dengan langkah-langkah ini pengawas lebih bisa maksimal dalam melakukan supervisi kepada guru binaan.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Abdi, G. (2021). Strategi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Pedagodik Guru di SMPN 2 Murung Kabupaten Murung Raya . Jurnal Sosial Teknologi, 1(6), 443–450. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i6.113