Analisa Perbandingan Ekspansi Gojek Ke Empat Negara (Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam)

Authors

  • Demita Ginna Brigitte Mogontha Paramadina Graduate School of Diplomacy, Indonesia
  • Anton Aliabbas Universitas Paramadina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i9.1382

Keywords:

gojek, startup, ekspansi

Abstract

Penelitian ini membahas perbandingan ekspansi Startup Gojek di era globalisasi ke empat negara. Fokus penelitian adalah dari sudut pandang perusahaan Gojek sebagai MNC. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara serta Studi Pustaka. Tantangan dan hambatan ekspansi Gojek di Filipina adalah regulasi. Untuk Singapura adalah regulasi, kepemimpinan dan supply mobil. Untuk Thailand adalah regulasi, kepemimpinan dan persaingan pasar. Untuk Vietnam, yaitu terkait regulasi dan kepemimpinan. Terdapat dua variabel yang sama untuk hambatan ekspansi yaitu regulasi dan kepemimpinan. Untuk Singapura, peluang yang tercipta adalah terkait kompetitor Gojek. Kedua, peluang kerja sama dengan operator taksi lain.  Sedangkan untuk Vietnam, peluangnya adalah kerja sama dengan perusahaan transportasi lain.  Dari hasil ini, dapat dilihat bahwa kesamaan peluang adalah kerja sama. Alasan pemilihan masing – masing negara adalah karena kesamaan karakteristik pengguna dan market serta faktor pesaing usaha. Terkait strategi yang dipakai dan alasan pemilihan strategi yaitu melokalkan layanan dan perusahaan Gojek kemudian menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan. Strategi awal yang dipakai yaitu penggunaan nama yang berbeda, namun kemudian diganti dengan strategi baru, yaitu penggunaan satu nama yang sama “Gojek” di masing – masing negara. Respon masing -masing negara tujuan, di Filipina ekspansi Gojek terkendala  regulasi, di Singapura, Thailand dan Vietnam,bpemerintah disana terbuka karena alasan  fair market, investasi, termasuk lapangan pekerjaan. Saat Gojek melakukan ekspansi, pemerintah Indonesia mendukung. Dampak dari ekspansi Gojek adalah mengimbangi pesaing usahanya. menjadi kebanggaan serta membawa Corporate Diplomacy Indonesia. Ekspansi mempengaruhi nation branding dan berdampak pada Statecraft Indonesia. Hal ini juga menunjukkan Diplomasi Publik yan dilakukan Gojek bermanfaat bagi Indonesia.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Brigitte Mogontha, D. G., & Aliabbas, A. (2024). Analisa Perbandingan Ekspansi Gojek Ke Empat Negara (Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam). Jurnal Sosial Teknologi, 4(9), 680–696. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v4i9.1382