Perbedaan Kecerdasan Spiritual pada Siswa SMA Umum dengan Siswa SMA Berbasis Agama

Authors

  • Edo Dwi Kurniawan Universitas Gunadarma Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.139

Keywords:

Kecerdasan spiritual, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah berbasis agama

Abstract

Pendidikan di Indonesia setiap masa kurikulumnya selalu berubah dengan dasar aturan  perundang-undangan serta mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan kecerdasan spiritual pada siswa SMA umum dengan SMA berbasis agama. Kecerdasan spiritual sebagai kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibanding dengan yang lain. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Independent sample t – ujian ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Pengukuran kecerdasan spiritual dilakukan dengan alat ukur berupa kuesioner kecerdasan spiritual (α = 0,897). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan spiritual yang signifikan pada siswa SMA umum dengan SMA berbasis agama, responden siswa SMA umum pada penelitian ini memiliki kecerdasan spiritual dalam kategori sedang dan respoden  siswa SMA berbasis agama memiliki kecerdasan spiritual dalam kategori tinggi.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Kurniawan, E. D. . (2021). Perbedaan Kecerdasan Spiritual pada Siswa SMA Umum dengan Siswa SMA Berbasis Agama. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 778–784. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.139