Perbedaan Kecerdasan Spiritual pada Siswa SMA Umum dengan Siswa SMA Berbasis Agama
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.139Keywords:
Kecerdasan spiritual, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah berbasis agamaAbstract
Pendidikan di Indonesia setiap masa kurikulumnya selalu berubah dengan dasar aturan perundang-undangan serta mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan kecerdasan spiritual pada siswa SMA umum dengan SMA berbasis agama. Kecerdasan spiritual sebagai kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibanding dengan yang lain. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Independent sample t – ujian ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh. Pengukuran kecerdasan spiritual dilakukan dengan alat ukur berupa kuesioner kecerdasan spiritual (α = 0,897). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan spiritual yang signifikan pada siswa SMA umum dengan SMA berbasis agama, responden siswa SMA umum pada penelitian ini memiliki kecerdasan spiritual dalam kategori sedang dan respoden siswa SMA berbasis agama memiliki kecerdasan spiritual dalam kategori tinggi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Edo Dwi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.