Teknik Iterasi User Persona dalam Penggalian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Eko Felix Nur Noftianto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyu Andhyka Kusuma Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.134

Keywords:

Covid-19, UMM, LMS, Elisitasi Kebutuhan, Metode Cooper, Testing Method

Abstract

Analisa kebutuhan adalah cabang yang mengurusi aspek yang berhubungan dengan tujuan dan fungsi perangkat lunak. Dengan mengetahui kebutuhan pengguna maka perangkat lunak yang dibuat dapat memenuhi ekspektasi pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan dalam alur fitur penugasan pada platform LMS yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Malang, dengan menggunakan beberapa metode, seperti storyboard, interview dan storytelling yang akan dijadikan sebuah user personal. Hasil penetian menujukan bahwa materi dan tugas letaknya tidak saling terhubung sehingga dapat mengakibatkan adanya tugas saja tanpa disertai penjelasan materi. Dari penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa identifikasi kebutuhan pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan keinginan pengguna dapat didapatkan melalui teknik user persona. Dengan teknik tersebut, para pengembang dapat melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas perangkat lunak dengan kategori user friendly.

Downloads

Published

2021-07-15

How to Cite

Felix Nur Noftianto, E., & Andhyka Kusuma, W. (2021). Teknik Iterasi User Persona dalam Penggalian Kebutuhan Perangkat Lunak Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Sosial Teknologi, 1(7), 633–643. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i7.134

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.