Implementasi Kebijakan Flexi Time di Kantor Pelayanan Pajak Madya Medan

Authors

  • Rolyfian Harefa Universitas Terbuka Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.167

Keywords:

Implementasi, Kebijakan, Waktu Fleksibel, WFH, Presensi Online

Abstract

Penerapan jam kerja fleksibel, terutama di lingkungan instansi pemerintah, merupakan suatu hal baru sehingga perlu dilakukan penelitian. Kementerian Keuangan sebagai salah satu pelopor implementasi kebijakan tersebut pasti sudah mempertimbangkan dengan matang hal tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman dan pandangan pegawai terhadap kebijakan flexi time dan untuk mengetahui implementasi kebijakan flexi time di KPP Madya Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk meneliti kondisi objek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih menekankan pada pencarian makna secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian implementasi kebijakan di KPP Madya Medan sudah dijalankan sesuai ketentuan dan berjalan dengan baik. Bahkan sejak pandemi Covid-19, diperkenalkan pengaturan fleksibilitas tempat bekerja atau yang populer dengan sebutan Work From Home (WFH) dan presensi online. Para pegawai menggunakan fasilitas jam kerja flexi time dengan penuh tanggung jawab sesuai kebutuhan masing-masing. Pengawasannya mudah dilakukan karena tersedianya sistem informasi, pemantauan dan pengawasan yang digunakan di KPP Madya Medan.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Harefa, R. . (2021). Implementasi Kebijakan Flexi Time di Kantor Pelayanan Pajak Madya Medan. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 801–807. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.167