Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.170Keywords:
Pendidikan Karakter, Karakter, Aliran Filsafat PendidikanAbstract
Sistem pendidikan secara umum masih dititik beratkan pada kecerdasan kognitif. Saatnya para pengambil kebijakan, para pendidik, orang tua dan masyarakat senantiasa memperkaya persepsi bahwa ukuran keberhasilan tak melulu dilihat dari prestasi angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman-pengalaman bagi siswa untuk membangun dan membentuk karakter unggul. Metode pada penelitian ini metode pustaka, yaitu dengan merangkum berbagai sumber, baik itu jurnal, buku maupun majalah. Aliran filsafat pendidikan yang menjadi dasar dan landasan dalam pendidikan karakter adalah aliran Progresivisme. Aliran ini berupaya untuk mengembangkan siswa untuk bisa berpikir yang baik dengan menekankan prinsip mendisiplinkan diri sendiri, sosialisasi dan demokrasi. Dengan demikian siswa diarahkan untuk memiliki karakter yang baik. Pembentukan karakter siswa dipengaruhi oleh nilai moral dan nilai etika, yang dilaksanakan melalui tahapan Moral Knowing, Moral iFeeling dan Moral Action.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yudianto, Endang Fauziati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.