Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme

Authors

  • Yudianto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.170

Keywords:

Pendidikan Karakter, Karakter, Aliran Filsafat Pendidikan

Abstract

Sistem pendidikan secara umum masih dititik beratkan pada kecerdasan kognitif. Saatnya para pengambil kebijakan, para pendidik, orang tua dan masyarakat senantiasa memperkaya persepsi bahwa ukuran keberhasilan tak melulu dilihat dari prestasi angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman-pengalaman bagi siswa untuk membangun dan membentuk karakter unggul. Metode pada penelitian ini metode pustaka, yaitu dengan merangkum berbagai sumber, baik itu jurnal, buku maupun majalah. Aliran filsafat pendidikan yang menjadi dasar dan landasan dalam pendidikan karakter adalah aliran Progresivisme. Aliran ini berupaya untuk mengembangkan siswa untuk bisa berpikir yang baik dengan menekankan prinsip mendisiplinkan diri sendiri, sosialisasi dan demokrasi. Dengan demikian siswa diarahkan untuk memiliki karakter yang baik. Pembentukan karakter siswa dipengaruhi oleh nilai moral dan nilai etika, yang dilaksanakan melalui tahapan Moral Knowing, Moral iFeeling dan Moral Action.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Yudianto, Y., & Fauziati, E. . (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 840–847. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.170