Implementasi dan Monitoring Sistem Keamanan Kendaraan Berbasis IoT pada Bengkel Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.176Keywords:
Implementasi, Mentoring, Sistem Keamanan Kendaraan, IoTAbstract
Pencurian kendaraan bermotor saat ini hampir tidak pernah lepas dari pemberitaan di media masa (online/offline). Pencurian tidak hanya di lakukan saat motor terparkir, tetapi banyak juga secara langsung atau sering disebut pembegalan. Berdasarkan permasalah terhadap meningkatnya pencurian dan perampasan kendaraan bermotor, maka memang dibutuhkan sistem keamanan tambahan pada motor. Penelitian ini bertujuan untuk agar meminimalisir terjadinya kehilangan kendaraan. Metode penelitian ini menggunakan metode experiment. Berdasarkan hasil pembahasan dan uji coba, sistem dapat di non-aktifkan melalui smartphone melalui aplikasi Blynk. Tombol emergency dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan yaitu ketika tombol di tekan, maka motor akan mati dalam waktu 10 detik setelah tombol ditekan (delay 10 detik). Namun berdasarkan beberapa penelilian yang telah dibuat, kebanyakan membuat aplikasi atau sistem keamanan untuk kendaraan bermotor yang sedang keadaan di parkir. Oleh karena itu, penlitian untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengamankan kendaraan pada saat kendaraan sedang di gunakan (hidup) maupun saat terparkir. Cara kerja alat yang diusulkan adalah membuat sebuah perangkat keras dengan menggunakan nodeMCU V3 dan menggunakan 2 sensor yaitu sensor getar dan sensor deteksi signal wifi dan juga membuat sebuah perangkat lunak yang akan diinstal di sebuah smartphone. Ketika sebuah button yang berada di aplikasi di klik maka motor akan mati ketika motor dalam keadaan hidup dan dapat berbunyi (Alarm) ketika mendapatkan sebuah getaran atau hentakan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ahmad Tarwanto, Veri Arinal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.