Game Online dan Produktivitas pada Remaja Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.213Keywords:
Game Online, Remaja, Produktivitas, PermasalahanAbstract
Latar belakang: Seiring perkembangannya zaman saat ini dunia sudah mulai memasuki era revolusi industri 4.0 membuat teknologi semakin lebih canggih.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh game online terhadap produktivitas belajar pada remaja yang ada di Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.
Metode penelitian: Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer bersumber dari 50 responden yang di jadikan sampel pada remaja yang memainkan game online di Desa Gunong Kleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data langsung. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket/kuesioner yang berisi pertanyaan dengan permasalahan. Angket akan ditujukan kepada para pemain game online yang ada di Desa Gunong Kleng.
Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game online yang berlebihan akan menimbulkan sikap ketergantungan terhadap game online tersebut. Sikap ketergantungan ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap produktivitas belajar remaja. Dimana, remaja lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online dari pada harus belajar yang seharusnya dilakukan sebanyak 8 sampai 10 jam perhari pada remaja. penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman atau gambaran motivasi bagi pelajar maupun remaja yang membaca untuk tidak terlalu ketergantungan aktivitas game online dan agar selalu melakukan hal-hal yang berdampak positif maupun berpotensi bagi kalangan remaja maupun pelajar.
Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman atau motivasi bagi pelajar maupun remaja yang membaca untuk tidak terlalu ketergantungan aktivitas game online dan agar melakukan hal-hal yang berdampak positif maupun berpotensi bagi kalangan remaja maupun pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nadia Rahmi, Syahril, Adlin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.