Manajemen Pengawasan Terhadap Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i10.220Keywords:
Manajemen Pengawas, Pengawas PAI, Mutu Pembelajaran Siswa, Mutu Pembelajaran PAI, KKG PAIAbstract
Latar belakang: Supervisi dalam proses pendidikan merupakan kegiatan untuk meningkatkan prestasi belajar dan mutu sekolah. Namun di lapangan, pengawas masih memiliki kelemahan pada kompetensi supervisi akademik, evaluasi pendidikan, dan bidang penelitian. Salah satu dampaknya adalah kinerja guru pada KKG PAI kurang profesional dan prestasi belajar siswa tidak maksimal. Oleh karena itu diperlukan manajemen pengawasan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan solusi dari pengawas terhadap guru PAI dalam meningkatkan mutu belajar siswa, untuk mengetahui bagaimana manajemen perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala serta solusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI.
Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan supervisi Pendidikan Agama Islam dilaksanakan melalui perencanaan yang terdiri dari perencanaan program supervisi, pembinaan dan pengembangan profesionalitas guru yang berjalan sesuai dengan SNP PAI. Pelaksanaan supervisi meliputi input, proses dan output. Evaluasi supervisi dilakukan dengan menilai pelaksanaan SNP PAI dan hasil pelaksanaan program supervisi, efektivitas pembelajaran dan kegiatan pelatihan penggunaan metode pembelajaran.
Kesimpulan: Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa manajemen pengawas dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Bandung Barat berhasil ditandai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan serta hasil yang diinginkan tercapai dengan meningkatnya prestasi peserta didik.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Iis Setiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.