Penggunaan Media Liquid Crystal Display (LCD) Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.244

Keywords:

Penggunaan Media LCD, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Latar belakang: Masih banyak guru di sekolah dasar, dalam proses belajar mengajar secara konvensional,  monoton, tidak komunikatif, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang aktif dan menimbulkan sifat verbalistik peserta didik.

Tujuan penelitian: Untuk memperoleh gambaran mengenai perencanaan, pelaksanaan dan penilaian guru PAI dalam pembelajaran dengan menggunakan media LCD.

Metode penelitian: Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik survey. Alat pengumpul data berupa lembar wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian sebagai informan adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik.

Hasil penelitian: Guru PAI merencanakan penggunaan media LCD dalam pembelajaran secara efektif dan efisien sesuai langkah langkah. Guru PAI melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pada penggunaan media LCD dalam pembelajaran. Guru PAI melakukan penilaian dengan prinsip keadilan, transparan, objektif dan valid dengan penggunaan media LCD dalam pembelajaran. Beberapa faktor penghambat dalam penggunaan media LCD adalah ketersediaan waktu dan sarana pembelajaran yang sangat terbatas dan penggunaan media LCD dapat meningkatkan mutu pembelajaran PAI di Kelas V SDN Nugraha Pelita dan SDN Sukahayu Jalancagak.

Kesimpulan: Kemampuan dan keterampilan guru menggunakan teknologi pembelajaran (IT) pada pembelajaran PAI harus terus disempurnakan, perlu upaya yang konstruktif dan menunjukkan keteladanan dari para guru dalam aktivitas pembelajaran, melakukan perbaikan dalam menggunakan media disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, menanamkan tanggungjawab guru terhadap profesi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan memotivasi guru untuk menggunakan fasilitas pembelajaran secara maksimal.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Nurhayati, N. (2021). Penggunaan Media Liquid Crystal Display (LCD) Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Sosial Teknologi, 1(11), 1.489 – 1.493. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.244