Penggunaan Media Liquid Crystal Display (LCD) Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i11.244Keywords:
Penggunaan Media LCD, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Latar belakang: Masih banyak guru di sekolah dasar, dalam proses belajar mengajar secara konvensional, monoton, tidak komunikatif, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang aktif dan menimbulkan sifat verbalistik peserta didik.
Tujuan penelitian: Untuk memperoleh gambaran mengenai perencanaan, pelaksanaan dan penilaian guru PAI dalam pembelajaran dengan menggunakan media LCD.
Metode penelitian: Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik survey. Alat pengumpul data berupa lembar wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian sebagai informan adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik.
Hasil penelitian: Guru PAI merencanakan penggunaan media LCD dalam pembelajaran secara efektif dan efisien sesuai langkah langkah. Guru PAI melaksanakan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pada penggunaan media LCD dalam pembelajaran. Guru PAI melakukan penilaian dengan prinsip keadilan, transparan, objektif dan valid dengan penggunaan media LCD dalam pembelajaran. Beberapa faktor penghambat dalam penggunaan media LCD adalah ketersediaan waktu dan sarana pembelajaran yang sangat terbatas dan penggunaan media LCD dapat meningkatkan mutu pembelajaran PAI di Kelas V SDN Nugraha Pelita dan SDN Sukahayu Jalancagak.
Kesimpulan: Kemampuan dan keterampilan guru menggunakan teknologi pembelajaran (IT) pada pembelajaran PAI harus terus disempurnakan, perlu upaya yang konstruktif dan menunjukkan keteladanan dari para guru dalam aktivitas pembelajaran, melakukan perbaikan dalam menggunakan media disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, menanamkan tanggungjawab guru terhadap profesi untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan memotivasi guru untuk menggunakan fasilitas pembelajaran secara maksimal.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurhayati Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.