Pengaruh Keinformatifan, Hiburan dan Gangguan Iklan, Terhadap Sikap Konsumen dalam Iklan Online E-Commerce di Situs Youtube

Authors

  • Asyifa Fitha Habsari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i12.261

Keywords:

Informatif, Hiburan, Intrusif, Sikap Konsumen, Iklan Youtube

Abstract

Latar belakang: Era digital saat ini semakin berkembang, periklanan melalui internet menjadi sarana promosi pilihan bagi para pemasar, karena memiliki keunggulan seperti biaya pemasaran periklanan yang lebih rendah dibandingkan dengan biaya periklanan tradisional (media cetak, televisi dan radio).

Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh keinformatifan, hiburan dan gangguan iklan terhadap sikap konsumen dalam iklan online e-commerce di situs Youtube.

Metode penelitian: Jenis penelitian ini yaitu penelitian konklusif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden.

Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor informatif dan hiburan berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen. Sedangkan faktor gangguan iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen.

Kesimpulan: Pemberian informasi dan hiburan berpengaruh besar terhadap sikap konsumen, namun gangguan iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen. Tidak adanya dampak tersebut karena responden dalam survei ini setuju bahwa kemunculan iklan e-commerce dapat mengganggu aktivitas menonton youtube, namun responden memiliki opsi untuk melewati (skip) iklan tersebut maupun dapat memilih layanan premiu agar terbebas dari iklan e-commerce yang akan muncul sehingga dapat disimpulkan bahwa gangguan iklan tidak berpengaruh karena tidak menyebabkan gangguan pada responden.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Fitha Habsari, A. . (2021). Pengaruh Keinformatifan, Hiburan dan Gangguan Iklan, Terhadap Sikap Konsumen dalam Iklan Online E-Commerce di Situs Youtube. Jurnal Sosial Teknologi, 1(12), 1.546 – 1.554. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i12.261