Pengaruh Keinformatifan, Hiburan dan Gangguan Iklan, Terhadap Sikap Konsumen dalam Iklan Online E-Commerce di Situs Youtube
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i12.261Keywords:
Informatif, Hiburan, Intrusif, Sikap Konsumen, Iklan YoutubeAbstract
Latar belakang: Era digital saat ini semakin berkembang, periklanan melalui internet menjadi sarana promosi pilihan bagi para pemasar, karena memiliki keunggulan seperti biaya pemasaran periklanan yang lebih rendah dibandingkan dengan biaya periklanan tradisional (media cetak, televisi dan radio).
Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh keinformatifan, hiburan dan gangguan iklan terhadap sikap konsumen dalam iklan online e-commerce di situs Youtube.
Metode penelitian: Jenis penelitian ini yaitu penelitian konklusif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor informatif dan hiburan berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen. Sedangkan faktor gangguan iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen.
Kesimpulan: Pemberian informasi dan hiburan berpengaruh besar terhadap sikap konsumen, namun gangguan iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen. Tidak adanya dampak tersebut karena responden dalam survei ini setuju bahwa kemunculan iklan e-commerce dapat mengganggu aktivitas menonton youtube, namun responden memiliki opsi untuk melewati (skip) iklan tersebut maupun dapat memilih layanan premiu agar terbebas dari iklan e-commerce yang akan muncul sehingga dapat disimpulkan bahwa gangguan iklan tidak berpengaruh karena tidak menyebabkan gangguan pada responden.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asyifa Fitha Habsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.