Sejarah dan Kemistisan Batu Besar di Tanjung Balai Karimun

Authors

  • Fera Andini Universitas Riau, Indonesia
  • Yuliantoro Yuliantoro Universitas Riau, Indonesia
  • Asyrul Fikri Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i1.290

Keywords:

Sejarah, Batu Besar, Mistis

Abstract

Latar belakang: Kabupaten Karimun adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Tepatnya letak ibu kotanya adalah di Tanjung Balai Karimun. Di Tanjung Balai Karimun banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang salah satunya adalah Batu Besar. Batu Besar bukan hanya sekedar tempat bersejarah, melainkan tempat sejarah yang ada mistisnya.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengupas dan mengetahui sejarah Batu Besar di Tanjung Balai Karimun dan untuk mengetahui kemistisan yang ada di Batu Besar.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif, metode penelitian sejarah, data primer, wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi.

Hasil penelitian: Hasil dari penelitian ini adalah orang pertama kali yang menginjakkan kakinya di Tanjung Balai Karimun, tepatnya di Batu Besar adalah H. Ibrahim. Selain itu juga banyak kejadian-kejadian mistis di Batu Besar tersebut.

Kesimpulan: Batu Besar yang ada di Tanjung Balai Karimun tepatnya di Kecamatan Tebing memiliki sejarah tersendiri, yaitu sekitar 160 tahun yang lalu orang yang pertama kali menjejakkan kaki di daerah Batu Besar adalah H. Ibrahim berasal dari keturunan Sultan Abdul Hamid Khan dari India. Asal nama Karimun berasal dari Batu Besar yang diberikan oleh Sultan Abdul Hamid Khan.

Downloads

Published

2022-01-15

How to Cite

Andini, F., Yuliantoro, Y., & Fikri, A. (2022). Sejarah dan Kemistisan Batu Besar di Tanjung Balai Karimun. Jurnal Sosial Teknologi, 2(1), 94–98. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i1.290