Analisis Model Pembelajaran Siswa Pada Masa Covid-19 Berbasis Teknologi Di Tingkat Dasar

Authors

  • Sri Yola Universitas Nusaputra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i2.291

Keywords:

Model pembelajaran, Masa covid-19, Berbasis teknologi, Tingkat dasar

Abstract

Mencermati perkembangan teknologi di era pembelajaran digital sangat membantu dalam kondisi sekolah saat ini. Penelitian bertujuan  untuk mengenalisis sejauh mana kompetensi guru dalam memanfaatkan dan keterlibataan model pembelajaran masa covid-19 di sekolah dasar Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif . subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar SD Negeri 4 Sukamanah yang melaksanakan kegiatan pembelajaran secara Luring Method. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumen dan wawancara dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki perangkat teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring dan media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran daring yaitu what’s App Group, Video pembelajaran, zoom meeting dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 4 Sukamanah sudah menggunakan beberapa model pembelajaran selama masa Covid-19  yaitu menggunakan model project based learning, daring method, luring method, home visite method, integrated curriculum dan memanfaatkan teknologi sebagai sumber pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa siswa sudah masuk sekolah secara tatap muka walaupun tidak 100% secara tatap muka dan Model yang digunakan saat pembelajaran tatap muka menggunakan model flipped classroom model ini sangat memudahkan guru untuk menyampaikan materi dalam kondisi saat ini sesuai dengan kurikulum 2013.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Yola, S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Siswa Pada Masa Covid-19 Berbasis Teknologi Di Tingkat Dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 2(2), 132–141. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i2.291