Analisis Model Pembelajaran Siswa Pada Masa Covid-19 Berbasis Teknologi Di Tingkat Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i2.291Keywords:
Model pembelajaran, Masa covid-19, Berbasis teknologi, Tingkat dasarAbstract
Mencermati perkembangan teknologi di era pembelajaran digital sangat membantu dalam kondisi sekolah saat ini. Penelitian bertujuan untuk mengenalisis sejauh mana kompetensi guru dalam memanfaatkan dan keterlibataan model pembelajaran masa covid-19 di sekolah dasar Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif . subjek dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar SD Negeri 4 Sukamanah yang melaksanakan kegiatan pembelajaran secara Luring Method. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumen dan wawancara dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki perangkat teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring dan media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran daring yaitu what’s App Group, Video pembelajaran, zoom meeting dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 4 Sukamanah sudah menggunakan beberapa model pembelajaran selama masa Covid-19 yaitu menggunakan model project based learning, daring method, luring method, home visite method, integrated curriculum dan memanfaatkan teknologi sebagai sumber pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa siswa sudah masuk sekolah secara tatap muka walaupun tidak 100% secara tatap muka dan Model yang digunakan saat pembelajaran tatap muka menggunakan model flipped classroom model ini sangat memudahkan guru untuk menyampaikan materi dalam kondisi saat ini sesuai dengan kurikulum 2013.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Yola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.