Penggunaan Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Anak Usia Dini TK Muslimat NU Diponegoro 111 Ajibarang Kulon

Authors

  • Nurrochmah Nurrochmah Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fauzi Fauzi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32040

Keywords:

Kartu Huruf Hijaiyah, Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah, Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengenali serta melafalkan huruf-huruf hijaiyah. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang berfokus pada perbaikan kualitas pembelajaran melalui refleksi serta tindakan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi selama proses pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek memberikan dampak positif berupa peningkatan yang signifikan pada kemampuan anak dalam mengenal dan mengucapkan huruf hijaiyah. Hal ini juga disertai dengan peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar. Melalui penggunaan media yang menarik dan pendekatan yang kolaboratif, siswa lebih mudah memahami huruf hijaiyyah, serta mampu menyebutkan dan menulis huruf dengan tepat. Pembelajaran berbasis proyek ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan berkolaborasi antar anggota kelompok dalam proyek yang dilakukan.

References

Afrianingrum, S. D., & Rahayu, T. S. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Laerning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1). https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33503

Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1). https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638

Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170

Ardin, F. N., Indihadi, D., & Rahman, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Menulis Pada Anak Usia Dini Di Ra Ath-Thoha Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27193

Arfandi, M. S., Nasution, W. N., & Halimah, S. (2023). Kemampuan membaca dan menghafal Alquran santri melalui penguasaan kitab Tuhfatul Athfal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 255–271.

Asido, B. T. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Musi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.106

Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers and Education, 142. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1). https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313

Fujianti, N. I., Masnipal Marhun, & Dinar Nur Inten. (2022). Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Tilawati Menggunakan Kartu Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1277

Kandarisah, I., & Jannah, M. (2024). Pengaruh Video Visual terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak KB Darul Ilmi Purwakarta. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(01), 57–77. https://doi.org/10.52593/pdg.05.1.04

Kurniasih, N. (2020). Penggunaan Permainan Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam. JoEE: Journal of Earlychildhood Education.

Prasetiyorini, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Hijaiyah Berwarna terhadap Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur’an. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2). https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1388

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364.

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383

Solihati, A. (2018). Peningkatan kemampuan membaca alquran melalui permainan huruf kartu hijaiyah. Http://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Pelitapaud.

Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Watini, S. (2023). Teknologi Media Promosi Baligho dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Pendidikan SMP. Technomedia Journal, 8(1SP), 46–56.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Nurrochmah, N., & Fauzi, F. (2025). Penggunaan Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Anak Usia Dini TK Muslimat NU Diponegoro 111 Ajibarang Kulon. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 721–735. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32040