Penggunaan Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Anak Usia Dini TK Muslimat NU Diponegoro 111 Ajibarang Kulon
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32040Keywords:
Kartu Huruf Hijaiyah, Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah, Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengenali serta melafalkan huruf-huruf hijaiyah. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan media kartu huruf hijaiyah dalam pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang berfokus pada perbaikan kualitas pembelajaran melalui refleksi serta tindakan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi selama proses pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek memberikan dampak positif berupa peningkatan yang signifikan pada kemampuan anak dalam mengenal dan mengucapkan huruf hijaiyah. Hal ini juga disertai dengan peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar. Melalui penggunaan media yang menarik dan pendekatan yang kolaboratif, siswa lebih mudah memahami huruf hijaiyyah, serta mampu menyebutkan dan menulis huruf dengan tepat. Pembelajaran berbasis proyek ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan berkolaborasi antar anggota kelompok dalam proyek yang dilakukan.
References
Afrianingrum, S. D., & Rahayu, T. S. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Laerning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1). https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33503
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1). https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Ardin, F. N., Indihadi, D., & Rahman, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Menulis Pada Anak Usia Dini Di Ra Ath-Thoha Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27193
Arfandi, M. S., Nasution, W. N., & Halimah, S. (2023). Kemampuan membaca dan menghafal Alquran santri melalui penguasaan kitab Tuhfatul Athfal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 255–271.
Asido, B. T. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Musi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.106
Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers and Education, 142. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1). https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Fujianti, N. I., Masnipal Marhun, & Dinar Nur Inten. (2022). Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Metode Tilawati Menggunakan Kartu Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1277
Kandarisah, I., & Jannah, M. (2024). Pengaruh Video Visual terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak KB Darul Ilmi Purwakarta. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(01), 57–77. https://doi.org/10.52593/pdg.05.1.04
Kurniasih, N. (2020). Penggunaan Permainan Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam. JoEE: Journal of Earlychildhood Education.
Prasetiyorini, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Hijaiyah Berwarna terhadap Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur’an. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2). https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1388
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364.
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383
Solihati, A. (2018). Peningkatan kemampuan membaca alquran melalui permainan huruf kartu hijaiyah. Http://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Pelitapaud.
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Watini, S. (2023). Teknologi Media Promosi Baligho dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Pendidikan SMP. Technomedia Journal, 8(1SP), 46–56.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurrochmah Nurrochmah, Fauzi Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.