Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja Pemasaran dengan Tenaga Pemasaran Sebagai Variable Intervening di PT Zurich Topas Life Jakarta

Authors

  • Jauhari Jauhari Universitas Krisnadwipayana
  • Imam Wibowo Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32045

Keywords:

Strategi pemasaran, Kualitas Layanan, Tenaga penjualan, Kinerja pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran, kualitas pelayanan, tenaga pemasaran dan kinerja pemasaran serta menganalisis pengaruh strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran melalui tenaga pemasaran dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pemasaran melalui tenaga pemasaran PT Zurich Topas Life Jakarta Metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi atau analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan Smart PLS Versi 4.0. Berdasarkan hasil analisis terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara Strategi Pemasaran (X1) terhadap Tenaga Pemasaran (Z) serta Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Tenaga Pemasaran (Z), Koefisien original sample yang diperoleh sebesar 0,299, yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan pada Strategi Pemasaran memberikan kontribusi sebesar 29,9% terhadap variabilitas Tenaga Pemasaran, sedangkan 69,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diujikan dalam penelitian ini. Koefisien sebesar 0,639 menyatakan bahwa setiap peningkatan satu satuan pada Kualitas Layanan akan meningkatkan efektivitas dan kinerja Tenaga Penjualan sebesar 63,9%. Namun, H3 dan H6 Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran, termasuk yang dimediasi oleh Tenaga Penjualan, tidak berpengaruh signifikan karena nilai p-value > 0,05. Sedangkan dalam analisisnya digunakan Metode Analisis Data dengan Structural Equation Model (SEM) Penelitian ini menerapkan metode analisis data dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Uji SmartPLS 4.0.

References

Chaniago, H. (2020). Analisis kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga pada loyalitas Konsumen nano store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 2020.

Dewi, S. (2018). Analisis pengaruh ukuran perusahaan dan kinerja maqashid syariah index terhadap nilai perusahaan: Studi pada Bank Umum Syariah tahun 2012-2016. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dilla, N. F., & Surono, S. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di the langham hotel jakarta. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 876–882.

Egha, H., Widiastomo, H., & Achsa, A. (n.d.). Strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan. 18(1), 2021–2036. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Fauzi, A. (2020). Manajemen kinerja. Airlangga university press.

Fauzi M Hum, W. S. (2019). HUKUM ASURANSI DI INDONESIA.

Herawati, R., Hamdani, N. A., Susilawati, W., Raya, J. J., Hampor, S. J., 52a, N., Kidul, T., & Garut, K. (2021). STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERORIENTASI KEPADA KINERJA PEMASARAN PERGURUAN TINGGI SWASTA. Journal Civics and Social Studies, 5(1), 125–136. https://doi.org/10.31980/CIVICOS.V5I1.1134

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134–146.

Neksen, A., Wadud, M., & Handayani, S. (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Jam Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Grup Global Sumatera. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 105–112.

Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174

Permatasari, S. I., & Djawoto, D. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 7(8).

Pranesti, A., Larasati, K. S., & Widiyanti, A. (2022). Kinerja keterlanjutan dan nilai perusahaan: Sebuah kajian teoritis. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1624–1631.

Primadhita, Y., Budiningsih, S., Wicaksana, I., & Melani, A. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(1), 49–61.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.

Tampi, N. H. R. (2016). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT. Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).

Tobing, R. A., Zuhrotun, Z., & Rusherlistyani, R. (2019). Pengaruh kinerja keuangan, ukuran perusahaan, dan good corporate governance terhadap pengungkapan sustainability report pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 102–123.

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Jauhari, J., & Wibowo, I. . (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja Pemasaran dengan Tenaga Pemasaran Sebagai Variable Intervening di PT Zurich Topas Life Jakarta. Jurnal Sosial Teknologi, 5(3), 617–639. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32045