Analisis Pengaruh Faktor-Faktor yang Menentukan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Di Kota Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v5i3.32048Keywords:
Citra Merek, Kualitas Layanan dan Kepercayaan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas layanan, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Kota Pontianak. Dengan semakin ketatnya persaingan di pasar smartphone, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian menjadi sangat penting. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh konsumen smartphone. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan melibatkan 150 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS 25, termasuk uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis berupa uji F dan t. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra merek, kualitas layanan, dan kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,731 menunjukkan bahwa ketiga variabel independen ini menjelaskan 73,10% dari variasi keputusan pembelian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meningkatkan citra merek, kualitas layanan, dan membangun kepercayaan konsumen sangat penting untuk meningkatkan keputusan pembelian smartphone. Rekomendasi untuk perusahaan adalah terus memperbaiki kualitas layanan dan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen untuk menciptakan loyalitas. Dengan demikian, perusahaan dapat mempertahankan pangsa pasar dan meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen di tengah persaingan yang ketat.
References
Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust (Vol. 1). CV. Penerbit Qiara Media.
Alhaddad, A. A. (2015). The effect of advertising awareness on brand equity in social media. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 5(2), 73.
Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.
Armanto, I. D. (2018). Pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome Triple Play. Udayana University.
Daulay, N. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada ayam penyet surabaya jl. dr. Mansyur Medan). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Hendayana, Y., & Sari, A. M. E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jne Express Pondok Gede. Mediastima, 27(2), 153–169.
Karundeng, M. E., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Benteng Resort Batu Putih. Productivity, 2(6), 511–517.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.
Novel, A. H., Kamanda, S. V., & Kusumayanti, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (CFC Batuaji Batam). Jurnal Al-Amal, 1(1), 26–32.
Prihartini, W., Arifin, R., & Millaningtyas, R. (2024). Analisis Brand Image, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Vivo (Studi Kasus pada Konsumen Metteor Cell Kota Batu). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 1521–1529.
Putera, A. K., & Wahyono, W. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Management Analysis Journal, 7(1), 110–119.
Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awereness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116.
Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Scopindo media pustaka.
Suhermin, S., & Hermawati, A. (2021). Membangun Kepercayaan Kepada Rumah Sakit Berdasarkan Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 10(1).
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2).

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andry Lindi Lim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.